Daftar Isi:
  • Penelitian ini berjudul “Manajemen Public Relations PT Pertamina Dalam Mempertahankan citra perusahaan Melalui Program Sponsorship Proliga”.Identifikasi masalah dalam penelitian ini meliputi empat komponen yaitu mendefinisikan masalah, perencanaan dan Program, aksi dan komunikasi, dan evaluasi Program. Tujuan penelitian ini adalah mendapatkan gambaran yang sesuai dari identifikasi masalah dalam penelitian ini. Tujuan yang hendak dicapai peneliti yaitu untuk mengetahui dan mendeskripsikan manajemen public relations dalam mempertahankan citra perusahaan melalui sponsorship program proliga. Teori yang digunakan oleh peneliti mengacu pada konsep proses manajemen public relations yang di kemukakan oleh Scoot M.Cutlip,M Allen H.Center dan Glen M.Brown dari mendefinisikan masalah, perencanaan dan program, aksi dan komunikasi, dan di akhiri dengan evaluasi program. Peneliti menggunakan metodologi kualitatif dengan metode studi kasus yang bersifat deskriptif dalam penelitian. Data yang digunakan adalah data primer dari hasil wawancara dengan nara sumber dari pihak PT Pertamina dan data sekunder di dapat melalui dokumen-dokumen yang relevan dengan permasalahan yang akan diteliti. Dari hasil penelitian secara keseluruhan tentang manajemen public relations yang dilakukan tim public relations pertamina menunjukkan bahwa mempertahankan citra perusahaan melalui Sponsorship telah melakukan event proliga yang dampak nya baik dan efektif. Dilihat dari kehadiran penonton lebih banyak ini menunjukkan respon positif pada event proliga. Hal tersebut dikarenakan pertamina menggaet banyak komunitas dari dalam perusahaan untuk dapat turut serta memperoleh banyak dukungan melalui sebuah pertunjukan dan acara yang membuat event proliga semakin menarik untuk dikunjungi, bukan hanya dari pencinta voli. Tetapi juga banyak pertunjukan yang dinanti oleh penonton dan komunitas pencinta otomotif. Dengan demikian brand pertamina semakin banyak dikenal dimasyarakat