Daftar Isi:
  • Persaingan program acara dalam dunia televisi di Indonesia saat ini semakin ketat, dimana banyak televisi swasta baru bermunculan. Setiap stasiun televisi berlomba-lomba untuk menarik sebanyak mungkin perhatian pemirsa yang nantinya akan terlihat pada perolehan rating dan share. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk menganalisa bagaimana strategi promosi program X Factor Indonesia season 2 dengan penjabaran secara terperinci. Teori dan landasan yang peneliti gunakan pada penelitian ini adalah analisis swot, Segmenting,Targeting,Positioning dan variable-variabel dari bauran promosi. Strategi promosi ini sangat penting untuk mempengaruhi masyarakat dan meningkatkan awareness masyarakat untuk terus menyaksikan program x factor indonesia. Pada penelitian ini, metode penelitian yang peneliti gunakan adalah metode studi kasus dengan sifat penelitian deskriptif dan pendekatan kualitatif, dan teknik pengumpulan data dengan wawancara mendalam. Dari hasil penelitian ini yang telah dilakukan, diketahui bahwa strategi promosi yang diterapkan oleh tim RCTI ddalam program X Factor Indonesia Season 2 ini dengan mengoptimalisasikan penggunaan promo on air untuk promosi dikemas secara informative dan persuasive. Tanpa mengesampingkan penggunaan promo off air sebagai pendukung. Di tahun ini RCTI telah melakukan berbagai aktivitas promosi program X Factor guna meningkatkan awareness pemirsa dan hasilnya terlihat dengan meningkatnya rating dan share program X Factor yang didapat.