ANALISIS SISTEM INFORMASI AKUNTANSI PERTANGGUNGJAWABAN SEBAGAI PENILAIAN KINERJA MANAJER (Studi Empiris SMK Swasta di Wilayah Jakarta Timur II)
Daftar Isi:
- ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sistem informasi akuntansi pertanggungjawaban yang diterapkan sekolah, penggunaannya dalam penilaian kinerja manajer, dan mengevaluasi keefektifan sistem akuntansi pertanggungjawaban yang ditetapkan sekolah. Penelitian ini dilakukan di 14 SMK swasta yang mewakili seluruh SMK Swasta wilayah Jakarta Timur II dan menggunakan akuntansi pertanggungjawaban sebagai alat penilaian kinerja bagi masing-masing unit kerjanya. Penelitian ini juga menggunakan pendekatan kuantitatif. Metode analisis dari penelitian ini adalah metode deskriptif, dengan menguraikan penerapan akuntansi pertanggungjawaban dan penilaian kinerja. Dari hasil angket dapat diketahui bahwa penerapan sistem akuntansi pertanggungjawaban sebagai alat penilaian kinerja manajerial dari seluruh indikator (enam indikator) responden menyatakan setuju. Hal ini sesuai dengan hasil angket yang diperoleh menunjukan rata-rata dari keenam indikator diperoleh prosentase responden yang menjawab setuju sebesar 58,18 %. Hasil penelitian menunjukkan penerapan akuntansi pertanggungjawaban belum diterapkan dengan baik karena belum menerapkan pengklasifikasian kode rekening yang berguna untuk mempermudah proses pembuatan laporan pertanggungjawaban. Sedangkan proses akuntansi pertanggungjawaban pada sekolah cukup efektif, karena sudah memahami sepenuhnya tentang akuntansi pertanggungjawaban, hal ini terlihat nampak pada pengorganisasian dalam pengendalian biaya dan pengukuran kinerja terpusat. Kata kunci : akuntansi pertanggungjawaban, anggaran, penilaian kinerja ABSTRACT This research provides an analysis the accounting information systems implemented by the school, its use in manager’s performance appraisal, and evaluate the efectiveness of the accounting system established by the school. This research was conducted in 16 privates vocational high school (SMK) representing all SMK Private East Jakarta Region II and using accountability accounting as a tool of performance assessment for each work unit. This research uses a quantitative approach. The research uses descriptive method, by describing the application of responsibility accounting and performance assessment. It can be seen from the questionnaire results that the implementation accountability of accounting system as an assessment’s tool of managerial performance are agreed by respondents. These are appropriate with the findings showed the average of six indicators who agreed at 58.18% respondents. The result of the research shows that the application of accountability accounting has not been applied well, because doesn’t use the classification of account code which is useful for making process accountability report easier. While the accounting process of accountability in schools has been effective, because they are completely understand the accountability, it is seen clearly in organizing cost control and centralized performance measurement. Keywords : Accounting Responsibility, Budget, Performance Evaluation ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sistem informasi akuntansi pertanggungjawaban yang diterapkan sekolah, penggunaannya dalam penilaian kinerja manajer, dan mengevaluasi keefektifan sistem akuntansi pertanggungjawaban yang ditetapkan sekolah. Penelitian ini dilakukan di 14 SMK swasta yang mewakili seluruh SMK Swasta wilayah Jakarta Timur II dan menggunakan akuntansi pertanggungjawaban sebagai alat penilaian kinerja bagi masing-masing unit kerjanya. Penelitian ini juga menggunakan pendekatan kuantitatif. Metode analisis dari penelitian ini adalah metode deskriptif, dengan menguraikan penerapan akuntansi pertanggungjawaban dan penilaian kinerja. Dari hasil angket dapat diketahui bahwa penerapan sistem akuntansi pertanggungjawaban sebagai alat penilaian kinerja manajerial dari seluruh indikator (enam indikator) responden menyatakan setuju. Hal ini sesuai dengan hasil angket yang diperoleh menunjukan rata-rata dari keenam indikator diperoleh prosentase responden yang menjawab setuju sebesar 58,18 %. Hasil penelitian menunjukkan penerapan akuntansi pertanggungjawaban belum diterapkan dengan baik karena belum menerapkan pengklasifikasian kode rekening yang berguna untuk mempermudah proses pembuatan laporan pertanggungjawaban. Sedangkan proses akuntansi pertanggungjawaban pada sekolah cukup efektif, karena sudah memahami sepenuhnya tentang akuntansi pertanggungjawaban, hal ini terlihat nampak pada pengorganisasian dalam pengendalian biaya dan pengukuran kinerja terpusat. Kata kunci : akuntansi pertanggungjawaban, anggaran, penilaian kinerja