Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan menguji dan menganalisis pengaruh budaya, psikologis dan sosial bersama-sama terhadap keputusan konsumen melakukan impulse buying di Ramayana Supermaket Bogor dan Karawang. Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini yaitu jumlah konsumen yang melakukan transaksi dalam satu hari di Ramayana Supermarket Bogor dan Karawang adalah sebanyak 4.000 transaksi, dengan jumlah sampel 728 responden yang diminta pendapatnya melalui kuesioner. Analisis data menggunakan pengujian instrumen, uji asumsi klasik, analisis statistik deskriptif, analisis koefisien korelasi, analisis koefisien determinasi (R2) dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil faktor budaya berpengaruh positif dan signifikan terhadap impulse buying di Ramayana Supermarket Bogor dan Karawang. Dimensi kultur paling dominan terhadap impulse buying di Ramayana Supermarket Bogor dan Karawang. Faktor psikologis berpengaruh positif dan signifikan terhadap impulse buying di Ramayana Supermarket Bogor dan Karawang. Dimensi pembelajaran yang paling dominan berpengaruh terhadap impulse buying. Faktor sosial berpengaruh positif dan signifikan terhadap impulse buying di Ramayana Supermarket Bogor dan Karawang. Dimensi keluarga yang paling dominan berpengaruh terhadap impulse buying. Faktor budaya, psikologis dan sosial secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Impulse buying di Ramayana Supermarket Bogor dan Karawang. Dari hasil uji simultan dapat disimpulkan bahwa sumbangan bersama faktor budaya, psikologis dan sosial pada Impulse buying di Ramayana Supermarket Bogor dan Karawang adalah lebih kuat dibandingkan dengan variabel lain yang tidak diteliti. Artinya Faktor budaya, psikologis dan sosial bersinergi yang memberikan impulse buying terhadap pelanggan Ramayana Supermarket Bogor dan Karawang.