MAKNA POSTER KEGIATAN ECO RUN 2017 PT PERTAMINA (Persero) SEBAGAI CORPORATE IDENTITY (Analisis Semiotika Charles Sanders Peirce)
Daftar Isi:
- Corporate identity merupakan bagian penting dalam perusahaan yang dapat menunjukkan jati diri perusahaan. Corporate identity ini juga dapat membentuk citra perusahaan dimata masyarakat. Pada perusahaan PT Pertamina (Persero) atau yang biasa disebut Pertamina corporate identity yang ingin ditunjukkan dapat kita lihat melalui salah satu poster kegiatan eco run pada tahun 2017. Tujuan poster tersebut adalah untuk mengkomunikasikan salah satu kegiatan CSR tahunan Pertamina yang diadakan dalam rangka HUT perusahaan. Penelitian yang dilakukan ini untuk mengetahui makna dari tanda – tanda yang terdapat pada poster tersebut dan kaitannya denga corporate identity Pertamina menggunakan landasan teori semiotika. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif. Metode penelitian yang digunakan adalah semiotika triangle of meaning Charles Sanders Peirce dengan melakukan analisis terhadap poster menggunakan berbagai sumber studi literature dan internet article. Hasil penelitian ini membahas mengenai makna yang terkandung dalam tanda – tanda yang ada pada poster kegiatan eco run 2017 yang mencerminkan corporate identity Pertamina seperti kinerja perusahaan, nilai perusahaan, visi dan misi perusahaan, peran perusahaan dalam pembangunan nasional serta tanggung jawab perusahaan terhadap lingkungan. Dengan demikian, peneliti mampu memahami corporate identity yang ingin ditunjukkan Pertamina kepada masyarakat. Penelitian ini menyimpulkan bahwa Pertamina berorientasi terhadap kebutuhan masyarakat dan kelestarian lingkungan alam. Pertamina sebagai perusahaan industri migas berpartisipasi aktif dalam membantu permasalahan negara dan berusaha mereduksi pencemaran kelestarian alam dan keanekaragaman hayati