ANALISIS PENERAPAN KINERJA MUTU ISO 9001:2008 PT. ADHI KARYA (Persero). Tbk PADA PROYEK RENOVASI STADION UTAMA GELORA BUNG KARNO

Main Author: ZERLITHA, AYU DEVI
Format: Thesis NonPeerReviewed Book Lainnya
Bahasa: ind
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.mercubuana.ac.id/43257/1/0.1%20Cover.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/43257/2/0.5%20Abstrak.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/43257/3/0.3%20Lembar%20Pernyataan%20Keaslian.PDF
http://repository.mercubuana.ac.id/43257/4/0.2%20Lembar%20Pengesahan.PDF
http://repository.mercubuana.ac.id/43257/5/0.4%20Kata%20Pengantar.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/43257/6/0.6%20Daftar%20Isi.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/43257/7/0.8%20Daftar%20Tabel.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/43257/8/0.7%20Daftar%20Gambar.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/43257/9/0.9%20Daftar%20Lampiran.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/43257/10/1.%20BAB%201%20Pendahuluan.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/43257/11/2.%20Bab%202%20Tinjauan%20Pustaka.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/43257/12/3.%20Bab%203%20Metode%20Penelitian.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/43257/13/4.%20Bab%204%20Hasil%20dan%20Analisis.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/43257/14/5.%20Bab%205%20Penutup.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/43257/15/Daftar%20Pustaka.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/43257/16/LAMPIRAN.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/43257/
Daftar Isi:
  • Sistem Manajemen Mutu merupakan sebuah sistem yang berevolusi dari sistem pemeriksaan mutu, kendali mutu, kemudian berkembang menjadi sistem penjaminan mutu sampai kemudian menjadi sistem manajemen mutu terpadu. Semua proses tersebut dibuat untuk meyakinkan bahwa proyek memenuhi harapan dan kebutuhan. ISO 9001:2008 merupakan salah satu sistem manajemen mutu yang berprinsip pada TQM. Sistem ini sangat populer karena penerapannya mendetail dan sistematis. Selain itu, di dalamnya terdapat keharusan pengawasan mutu internal secara periodik (Internal Quality Audit). PT. Adhi Karya (Persero). Tbk adalah salah satu perusahaan konstruksi yang menerapkan Sistem Manajemen Mutu dalam setiap proyek yang dikerjakan, salah satunya pada Proyek Renovasi Stadion Utama Gelora Bung Karno. Pada tahun 2012 PT. Adhi Karya (Persero). Tbk telah memperoleh sertifikat ISO 9001:2008 yang diberikan oleh Badan Sertifikasi URS dengan nomor 947106. Untuk mengetahui penerapan kinerja mutu ISO 9001:2008 pada Proyek Renovasi Stadion Utama Gelora Bung Karno tersebut, maka dilakukan observasi pada pelaksanaan konstruksi dan wawancara personil yang terlibat dalam pelaksanaan proyek dengan kuesioner. Penilaian penerapan sistem manajemen mutu ISO 9001:2008 (Elemen 4 sampai dengan Elemen 8) ini didapat dengan metode skor audit dengan skala pengukuran variable menggunakan skala rating. Dari hasil analisa data penerapan sistem manajemen mutu ISO 9001:2008 PT Adhi Karya (Persero) pada Proyek Renovasi Stadion Utama Gelora Bung Karno dapat dikategorikan baik dengan persentase 79,45%. Penerapan belum mencapai 100%, hal ini disebabkan beberapa faktor kendala diantaranya kurangnya kedisiplinan tenaga kerja dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya, kurang telitinya para pekerja dalam melakukan inspeksi, kurang telitinya document control dalam penyimpanan serta pembaruan dokumen secara berkala dan masih adanya beberapa pelaksanaan proyek dalam pengendalian dokumentasi yang belum dilaksanakan sesuai dengan standard ISO 9001:2008. Kata Kunci : penerapan, sistem manajemen mutu, ISO 9001:2008