Daftar Isi:
  • Dalam konteks pembelajaran, matematika bersifat abstrak. Artinya pembelajaran yang menitik beratkan kepada siswa untuk berfikir cepat dan menghasilkan hasil yang tepat dengan menanamkan konsep-konsep dasar materi. Matematika merupakan ilmu yang sangat penting bagi perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Tetapi seringkali siswa menganggap matematika sulit untuk dipahami. Sehingga membuat minat belajar matematika menjadi menurun. Tak hanya itu, faktor lain yang membuat menurunnya minat belajar matematika adalah telah kecanduan dengan alat canggih yang mudah dibawa kemana-mana atau yang sering kita sebut dengan smartphone. Seiring berkembangnya alat tersebut para orang tua harus mengawasi atau memantau anaknya untuk menggunakan smartphone agar lebih bijak. Perancangan aplikasi pembelajaran matematika materi pecahan kelas 3 sd ini bertujuan untuk membantu meningkatkan pemahaman pengguna menganai pecahan. Dan perancangan aplikasi ini pun dapat digunakan untuk mengukur dan memprediksi tingkat pemahaman pengguna terhadap materi pembelajaran pecahan. Metode yang digunakan untuk membuat aplikasi ini adalah Metode Luther. Bahasa pemrograman yang digunakan pada perancangan aplikasi ini adalah bahasa pemrograman java. Aplikasi ini hanya menyajikan gambar. Kata Kunci : Android, Matematika, Perancangan Aplikasi Pembelajaran, Eclipse