OPINI PRAKTISI PUBLIC RELATIONS TERHADAP CITY BRANDING JAKARTA ENJOY JAKARTA DAN CITY BRANDING YOGYAKARTA JOGJA ISTIMEWA
Daftar Isi:
- Praktisi public relations dianggap penting bagi suatu aliasi yang memiliki suatu program komunikasi untuk di sosialisasikan kepada masyarakat. Dalam hal ini, praktisi PR memberikan opini nya terhadap Enjoy Jakarta dan Jogja Istimewa sebagai city branding dari kota Jakarta dan Yogykarta. Tujuannya agar hasilnya akan menjadi perbandingan. Sehingga setiap kota dapat mempunya city branding yang dikenal di telinga masyarakat. Penelitian yang dilakukan untuk mengetahui opini praktisi public relations terhadap city branding Jakarta “Enjoy Jakarta” dan Yogyakarta “Jogja Istimewa”. Penelitian ini menggunakan paradigma konstruktivisme dengan tipe penelitian deskriptif-kualitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah fenomenologi dengan melakukan wawancara mendalam kepada narasumber. Hasil Penelitian ini membahas mengenai opini dari praktisi public relations mengenai city branding Jakarta “Enjoy Jakarta” dan Yogyakarta “Jogja Istimewa”, seperti identifikasi masalah yang dilakukan, opini dari praktisi public relations tehadap “Enjoy Jakarta” dan “Jogja Istimewa”, Tingkat keberhasilan dari kedua city branding dan city branding Jakarta dan Yogyakarta dapat membangun kota. Dengan demikian, peneliti mampu memperoleh gambaran mengenai opini praktisi PR terhadap “Enjoy Jakarta” dan “Jogja Istimewa”. Penelitian ini menyimpulkan bahwa diketahui bahwa “Enjoy Jakarta” yang dirasa belum mampu menggambarkan kota Jakarta masih perlu banyak perbaikan. Mulai dari pembangunan, kemacetan dan fasilitas kota. sedangkan untuk “Jogja Istimewa” yang saat ini dirasa sukses city branding yang telah dibangun. Melihat kenyataan itu, maka pemerintah daerah dituntut untuk terus menerus melakukan kontrol dan melakukan pengembangan kualitas kota agar tercapai keberhasilan dan kesuksesan dari city branding yang dibangun.