MAKNA PESAN MOTIVASI DALAM IKLAN TOKOPEDIA VERSI MIMPI DIMULAI DARI TOKOPEDIA DI MEDIA ONLINE YOUTUBE (Studi Semiotika Ferdinand De Saussure)

Main Author: DESITRINITA, INTAN
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.mercubuana.ac.id/43132/1/01.%20Halaman%20Judul.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/43132/2/03.%20Abstrak.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/43132/3/02.Lembar%20Persetujuan%20Skripsi%2C%20Tanda%20Lulus%20Sidang%20%26%20Pengesahan%20Perbaikan%20Skripsi.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/43132/4/04.%20Kata%20Pengantar.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/43132/5/05.%20Daftar%20Isi.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/43132/6/06.%20Daftar%20Tabel.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/43132/7/07.%20Daftar%20Gambar.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/43132/8/08.%20Daftar%20Lampiran.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/43132/9/09.%20BAB%20I.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/43132/10/10.%20BAB%20II.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/43132/11/11.%20BAB%20III.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/43132/12/12.%20BAB%20IV.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/43132/13/13.%20BAB%20V.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/43132/14/14.%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/43132/15/15.%20Lampiran.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/43132/
Daftar Isi:
  • Youtube merupakan variasi baru dalam beriklan audio visual. Keuntungannya adalah pengiklan dapat menyampaikan pesan secara lebih detail dan jelas mengingat durasi iklan dapat diatur lebih panjang. Hal ini memberikan kesempatan untuk para pengiklan memasukkan daya tarik lebih ke dalam iklan seperti unsur motivasi dalam iklan. Hal ini dilakukan oleh Tokopedia dalam iklannya yang berjudul „Mimpi Dimulai Dari Tokopedia‟ di media online Youtube. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui makna pesan motivasi pada iklan Tokopedia versi „Mimpi Dimulai Dari Tokopedia‟ di media online Youtube. Teori yang digunakan adalah teori Semiotika Ferdinand De Saussure yang menjelaskan bahwa tanda memiliki unsur yang saling berhubungan yaitu penanda (signifier) dan petanda (signified) , penanda yakni bunyi atau coretan bermakna, dan petanda yakni gambar atau konsep sesuatu dari penanda. Hubungan antara kedua konsep tersebut disebut signifikasi. Penelitian bersifat kualitatif serta menggunakan paradigma konstruktivis dan metode Semiotika Ferdinand De Saussure. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu pengamatan terhadap iklan sehingga makna dari pesan motivasi dapat terkonstruksi berdasarkan sudut pandang pemikiran peneliti. Berdasarkan hasil penelitian dapat ditarik kesimpulan bahwa makna pesan motivasi dalam iklan terkonstruksi dari makna adegan dan makna narasi yang mengandung unsur motivasi dalam iklan. Dan makna pesan motivasi tersebut didasarkan pada teori motivasi kebutuhan oleh David mcClelland yang menjelaskan bahwa motivasi didasarkan pada kebutuhan akan prestasi, kebutuhan akan kekuasaan dan kebutuhan akan afiliasi/ keanggotaan. Tokopedia dalam iklannya menjadi penggerak untuk orang-orang yang memiliki mimpi dalam berbisnis. Kata kunci : Pesan motivasi dalam Iklan, Motivasi kebutuhan McClelland, Semiotika Ferdinand De Saussure