KARAKTERISTIK KOMUNIKASI REMAJA KELAS 11 MA AL-FALAH DALAM MENONTON VIDEO BLOG (VLOG) TENTANG KEHIDUPAN PRIBADI YOUTUBERS

Main Author: RAHMAYANTI, SITI FEBRI
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.mercubuana.ac.id/43105/1/01.%20Halaman%20Judul.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/43105/2/03.%20abstrak.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/43105/3/02.%20Lembar%20Persetujuan%20Skripsi%2C%20Tanda%20Lulus%20Sidang%20%26%20Pengesahan%20Perbaikan%20Skripsi.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/43105/4/05.%20kata%20pengantar.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/43105/5/06.%20daftar%20isi.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/43105/6/07.%20Daftar%20Tabel.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/43105/7/08.%20Daftar%20Gambar.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/43105/8/09.%20Bab%20I.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/43105/9/10.%20Bab%20II.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/43105/10/11.%20Bab%20III.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/43105/11/12.%20BAB%20IV.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/43105/12/13.%20BAB%20V.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/43105/13/14.%20Daftar%20pustaka.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/43105/14/15.%20Lampiran.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/43105/
Daftar Isi:
  • Karakteristik komunikasi seorang remaja dengan mudah dibentuk dengan hanya melihat sesuatu seperti dengan melihat video blog yang menjadi sebuah ketertarikan tersendiri bagi para remaja khususnya siswa/i kelas 11 di Ma. Al- Falah. Berkembang nya media massa ini berhasil memengaruhi karakteristik dan perilaku komunikasi para remaja. Siswa/i kelas 11 Ma. Al-Falah biasanya menonton video blog dari youtubers terkenal seperti Arief Muhammad, Raditya Dika, Reza Oktovian, Salsabilla, Awkarin, Younglex, dan masih banyak lagi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui karakteristik komunikasi remaja dalam menonton video blog. Penelitian ini menggunakan kerangka pemikiran yakni teori S-O-R singkatan dari Stimulus-Organisme-Respon milik Hovland yang beranggapan bahwa proses dari perubahan sikap adalah serupa dengan proses belajar. Asumsi dasar dari model ini adalah media massa menimbulkan efek yang terarah, segera dan langsung terhadap komunikan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus dengan melakukan wawancara mendalam kepada narasumber. Hasil penelitian ini menjelaskan tentang video blog sebagai sarana informasi, persepsi atau alasan menyukai video blog, awal menyukai video blog dari Arief Muhammad, serta ketertarikan untuk menjadi seorang youtubers. Penelitian ini menyimpulkan bahwa perilaku komunikasi remaja yang tampak pada siswa/i kelas 11 Ma. Al-Falah merupakan perilaku tertutup karena respon terhadap stimulus hanya berbentuk persepsi, perhatian serta pengetahuan. Kata Kunci : Karakteristik Komunikasi, Komunikasi New Media.