ANALISIS ORIENTASI STRATEGI PEMASARAN DALAM PERSAINGAN INDUSTRI (Studi Kasus Pada Industri Farmasi Multinasional di Jakarta Menurut Persepsi Medical Representative)
Daftar Isi:
- Penelitian ini menganalisis pengaruh faktor lingkungan persaingan industri sejenis dan budaya organisasi terhadap orientasi strategi, dan pengaruh orientasi strategi terhadap kinerja pemasaran. Responden dalam penelitian adalah Medical Representative atau Professional Sales Representative dari Perusahaan Multinasional Asing (PMA) berjumlah 150 responden yang mempromosikan produk ethical antibiotik di Jakarta. Data dianalisa menggunakan program LISREL 8.70. Hasil penelitian membuktikan bahwa, Lingkungan persaingan industri sejenis berpengaruh signifikan secara langsung terhadap orientasi strategi perusahaan, Budaya organisasi berpengaruh signifikan secara langsung terhadap orientasi strategi perusahaan, dan Orientasi strategi perusahaan berpengaruh signifikan secara langsung terhadap kinerja pemasaran perusahaan itu sendiri.