ANALISIS PENGARUH DIMENSI DIMENSI RETAILING MIX TERHADAP CUSTOMER BASED RETAILER EQUITY (Studi Kasus Pada Supermarket Giant Poris Paradise)
Daftar Isi:
- Ekuitas ritel telah menjadi isu strategis dalam kinerja bisnis. Daya tarik dari merek para peritel dapat menghasilkan volume penjualan dan keuntungan yang lebih besar. Membangun ekuitas ritel sangat penting bagi supermarket Giant Poris Paradise yang kerap kali mengalami penurunan penjualan. Oleh karena itu penting menyelidiki faktor – faktor yang mempengaruhi ekuitas ritel. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh masing – masing dimensi retailing mix terhadap ekuitas ritel berbasis pelanggan pada Giant Ekspress Poris Paradise. Data yang digunakan dalam penelitian ini merupakan data Primer. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif, dimana datanya diperoleh berdasarkan hasil kuisioner. Penelitian ini menggunakan analisis Regresi Berganda dengan pengolahan data menggunakan SPSS (Statistical Product and service Solution) versi 23. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen yang berbelanja di Toko Giant Poris Paradise, dan sampelnya adalah 150 responden yang merupakan konsumen Toko Giant Poris Paradise yang sudah pernah atau sudah beberapa kali membeli produk di toko tersebut. Penelitian ini menunjukan Variabel Produk memiliki nilai positif dan signifikan terhadap ekuitas ritel berbasis pelanggan. Variabel Harga memiliki nilai negatif dan tidak signifikan terhadap ekuitas ritel berbasis pelanggan. Variabel Lokasi memiliki nilai positif dan signifikan terhadap ekuitas ritel berbasis pelanggan. Variabel Atmosfir Toko memiliki nilai positif dan signifikan terhadap ekuitas ritel berbasis pelanggan. Variabel Pelayanan memiliki nilai negatif dan tidak signifikan terhadap ekuitas ritel berbasis pelanggan. Variabel Promosi memiliki nilai positif dan signifikan terhadap ekuitas ritel berbasis pelanggan. Kata Kunci: Pemasaran, Bauran Ritel, Ekuitas Ritel Berbasis Pelanggan.