PENGARUH DAYA TARIK IKLAN, KUALITAS PESAN IKLAN DAN FREKUENSI PENAYANGAN IKLAN TERHADAP SIKAP MASYARAKAT UNTUK BERHENTI MEROKOK (Studi Kasus pada Perempuan Perokok Wilayah Jakarta Barat)
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Daya Tarik Iklan, Kualitas Pesan Iklan, dan Frekuensi Penayangan Iklan Terhadap Sikap Masyarakat Untuk Berhenti Merokok yang saya lakukan pada Perempuan Perokok Wilayah Jakarta Barat. Penelitian ini dilakukan terhadap 170 responden dengan syarat responden adalah seorang wanita yang pernah atau masih mengkonsumsi rokok. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling, sedangkan alat analisis yang digunakan adalah Structural Equation Modeling (SEM) pada Program Lisrel. Hasil Pengujian Hipotesis menunjukan bahwa variabel. Daya Tarik Iklan berpengaruh signifikan terhadap variabel Sikap untuk berhenti merokok. Hal ini ditunjukkan dengan nilai t-value 2,16 lebih besar dari nilai t-tabel 1,96 Artinya iklan yang menarik dapat membuat masyarakat untuk berhenti merokok. Variabel kualitas pesan iklan berpengaruh signifikan juga terhadap variabel sikap berhenti merokok. Hal ini ditunjukkan dengan nilai t-value 2,02 lebih besar dari nilai t-tabel 1,96. Artinya, pesan yang disampaikan melalui iklan mampu mempengaruhi masyarakat untuk berhenti merokok. Variabel frekuensi penayangan iklan juga berpengaruh signifikan terhadap variabel sikap berhenti merokok. Hal ini ditunjukkan dengan nilai t-value 2,95 lebih besar dari nilai t-tabel 1,96. Artinya, iklan yang ditayangan secara intens mampu mempengaruhi perokok untuk berhenti merokok. Model penelitian yang diuji dalam penelitian ini mampu memenuhi kriteria pengujian kelayakan model. Kata kunci : Daya Tarik Iklan, Kualitas Pesan Iklan, Frekuensi Penayangan Iklan, Sikap Berhenti Merokok