Daftar Isi:
  • Pemanfaatan media sosial dewasa ini sangatlah berkembang pesat pada instansi pemerintahan maupun organisasi untuk berkomunikasi dan menyampaikan informasi kepada khalayak luas atau publik. Salah satu instansi pemerintahan yang memanfaatkan media sosial adalah Kementerian Perdagangan. Media sosial termasuk twitter menyediakan sejumlah peluang untuk pemerintah khususnya divisi humas dalam bentuk membangun hubungan baik dengan publik, mengembangkan komunikasi dengan publik, dan lain sebagainya. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana pengelolaan media sosial oleh humas Kementerian Perdagangan RI untuk menyampaikan informasi kepada publiknya melalui akun media sosial twitter @Kemendag. Penelitian ini menggunakan landasan teori potensi-potensi besar yang dimanfaatkan oleh E-PR (Cyber PR) perusahaan, yaitu komunikasi konstan, respon cepat, pasar global, interaktif, komunikasi dua arah dan hemat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi deskriptif kualitatif dengan paradigma konstruktivisme. Peneliti mengamati akun media sosial twitter @Kemendag dan melakukan wawancara mendalam kepada lima narasumber, yaitu Kepala sub bagian multimedia, dua orang staff sub bagian multimedia dan dua orang followers @Kemendag. Pemeliti melakukan teknik triangulasi sumber untuk memeriksakan keabsahan data. Berdasarkan hasil penelitian, Humas Kementerian Perdagangan aktif dalam memanfaatkan akun media sosial twitter @Kemendag, tetapi dinilai masih kurang efektif dan interaktif karenanya masih harus ditingkatkan lagi. Sebaiknya humas Kementerian Perdagangan lebih responsif dalam memanfaatkan akun media sosial twitter @Kemendag Kata kunci : Media, Sosial, Informasi, Publik, Cyber, Relations, Kemendag