PERAN ELECTRONIC WORD OF MOUTH DAN KEPRIBADIAN MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KOSMETIK MEREK LOKAL MAKE OVER
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran electronic word of mouth (eWOM) dan kepribadian merek terhadap keputusan pembelian kosmetik merek lokal “MAKE OVER”. Sampel yang dilibatkan dalam penelitian ini berjumlah 439 orang wanita dengan usia 20-34 tahun. Electronic word of mouth diukur menggunakan alat ukur yang terdiri dari 6 item pernyataan, kepribadian merek diukur melalui 19 item pernyataan, dan keputusan pembelian diukur melalui 20 item pernyataan. Ditemukan dalam hasil penelitian bahwa electronic word of mouth dan kepribadian merek berperan secara signifikan terhadap keputusan pembelian. Hasil R square sebesar 0.569 menunjukkan bahwa electronic word of mouth dan kepribadian merek memiliki peran sebesar 56.9% terhadap keputusan pembelian. Kata Kunci: Electronic Word of Mouth, eWOM, Kepribadian Merek, Keputusan Pembelian