PENGARUH KOMPETENSI GURU DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA GURU SMA NEGERI KOTA JAKARTA BARAT
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan menjelaskan dan menganalisis kekuatan pengaruh kompetensi guru dan motivasi kerja terhadap kinerja guru, serta mengetahui variabel yang paling kuat mempengaruhi kinerja guru. Populasi penelitian adalah 282 orang guru-guru SMA Negeri di Wilayah Kota Jakarta Barat, ukuran sampel ditentukan dengan rumus Slovin dan sampel 165 orang. Sampel diambil dengan teknik Proporsional Cluster-Random Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen kuesioner. Validitas butir item diuji dengan korelasi product moment person, sedangkan koefisien reliabilitas diuji dengan rumus Alpha Cronbach. Hubungan sangat kuat terjadi antara dimensi kesetiaan dan prestasi kerja pada variabel kinerja guru dengan kompetensi pedagogik dan sosial pada variabel kompetensi guru dibanding dengan motivasi kerja. Pengaruh kedua variabel terhadap kinerja guru sebesar 26.5 %. Sisanya sebesar 73.5 % dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukan ke dalam penelitian ini. Selanjutnya secara parsial terdapat pengaruh positif signifikan kompetensi guru terhadap kinerja guru dan motivasi kerja terhadap kinerja guru, serta secara simultan terdapat pengaruh bersama positif signifikan antara iklim organisasi dan kepemimpinan terhadap kinerja guru