MEMBANGUN BRAND EQUITY ANALISIS MARKETING MIX (Studi Kasus Pada Pelanggan Tinta Isi Ulang Data Print)
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh positif dan signifikan dari marketing mix terhadap Ekuitas Merek pada tinta isi ulang Data Print. Produk terhadap ekuitas merek secara parsial, Harga terhadap ekuitas merek secara parsial, Tempat terhadap ekuitas merek secara parsial, Promosi terhadap ekuitas merek secara parsial dan pengaruh positif dan signifikan Produk, Harga, Tempat, Promosi terhadap ekuitas merek secara simultan. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa dari enam universitas diseluruh wilayah Jakarta-Bogor-Depok-Tangerang-Bekasi. Dengan klasifikasi mahasiswa yang pernah menggunakan tinta refill merek Data Print , dengan starta kelas ekonomi menengah ke atas, umur antara 17 s/d 55 tahun yang tersebar di Universitas Indonesia, Universitas Negeri Jakarta, Universitas Mercu Buana, Universitas Muhammadiyah Jakarta, Universitas Tarumanagara, Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka. Sedangkan banyaknya sampel dari jumlah populasi 146.598 mahasiswa dengan MOE 5 persen pada tingkat kepercayaan 5 persen berdasarkan tabel Isaac dan Michael adalah 347 sampel. Metode analisis kuantitatif dengan menggunakan analisis persamaan regresi linear berganda, dilanjutkan dengan analisis determinasi (R Square), pengujian hipotesis secara parsial (uji t) dan simultan (uji F). Hasil penelitian menunjukkan bahwa Produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap ekuitas merek secara parsial, Harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap ekuitas merek secara parsial, Tempat berpengaruh positif dan signifikan terhadap ekuitas merek secara parsial, Promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap ekuitas merek secara parsial. Dan variabel Produk, Harga, Tempat dan Promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap ekuitas merek secara simultan . Keyword : Membangun Ekuitas Merek, Pengaruh Marketing mix 4P, Pengaruh Produk, Pengaruh Harga, Pengaruh Tempat, Pengaruh Promosi