Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilakukan pada sebuah perusahaan manufaktur otomotif di area divisi purchasing yang menangani supplier logistik partner dengan tujuan untuk mendapatkan kriteria evaluasi supplier logistik partner yang paling sesuai dengan kebutuhan dari PT. XYZ. Proses pembuatan kriteria evaluasi supplier ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan metode Analytical Hierarchy Process (AHP). Berdasarkan pengolahan data dengan menggunakan metode tersebut dihasilkan 3 kriteria utama, yaitu kriteria harga, pengiriman dan kualitas dengan menempatkan kriteria kualitas sebagai kriteria bobot penilaian terbesar yaitu sebesar 38%. Sedangkan hasil dari pemeringkatan supplier menempatkan PT. B sebagai supplier terbaik dan PT. E sebagai supplier terburuk diantara 5 alternatif supplier. Dengan dibuatnya suatu model penentuan evaluasi dan pemeringkat supplier ini diharapkan dapat berguna untuk proses pemilihan supplier logistic partner yang dilakukan oleh PT. XYZ Kata Kunci : Evaluasi Kriteria, Pemeringkat Supplier, AHP.