PENGARUH KOMPETENSI DAN MOTIVASI BERPRESTASI TERHADAP KINERJA GURU SMA NEGERI 33 JAKARTA
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kompetensi dan motivasi berprestasi guru terhadap kinerja guru di SMA Negeri 33 Jakarta. Konsep penelitian ini adalah bahwa kinerja seorang guru ditentukan oleh kompetensi dan motivasi berprestasi yang tinggi dari guru tersebut. Kurangnya kompetensi dan motivasi untuk berprestasi tentu akan berakibat pada rendahnya kinerja guru itu sendiri. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan menggunakan metode survey dan menggunakan kuesioner sebagai instrumen utama untuk mengumpulkan data. Untuk menguji variabel yang berpengaruh, peneliti menggunakan metode regresi linear berganda, koefisien determinasi, uji t dan uji F. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh bersama positif signifikan kompetensi guru dan motivasi berprestasi guru terhadap kinerja guru. Dalam uji korelasi antar dimensi menunjukkan bahwa untuk variabel Kompetensi Guru, dimensi yang paling kuat hubungannya adalah dimensi Kompetensi Profesional terhadap dimensi Merencanakan Pembelajaran pada Kinerja Guru, dan untuk variabel Motivasi Berprestasi, dimensi yang paling kuat hubungannya adalah dimensi Inisiatif dan Inovatif terhadap dimensi Merencanakan Pembelajaran pada Kinerja Guru.