Daftar Isi:
  • Musium merupakan sarana untuk mengembangkan budaya dan peradaban manusia sebagai pembelajaran dan menjadikannya informasi. Dalam hal itu mennyatakan Musium bisa disebut sebagai tempat pembelajaran dimana setiap orang ingin mengetahui Sejarah, Budaya, Ekonomi dan informasi lainnya. Hal ini tentu membuat orang ingin mengunjungi musium yang menyajikan informasi dan pembelajaran yang menarik tidak hanya dengan papan cerita tetapi artefak yang di pamerkan juga bisa jadi bahan pembelajaran. Penggunaan teknologi dalam menyampaikan informasi sudah banyak diterapkan misal Aplikasi berbasis Web Service dan Mobile Android yang banyak dipakai oleh perusahaan maupun institusi lainnya untuk keperluan tersebut. Maka berdasarkan hal tersbut, kami merancang dan mengimplementasikan Aplikasi Smart Museum dengan Augmented Reality berbasis Android dan Web Service. Aplikasi ini diharapkan mampu meningkatkan keingintahuan dan meningkatkan pengunjung pada Musium Sejarah Nasional yang berada di Monas. Kata Kunci : Musium, Android Mobile, Web Servis, Augmented Reality.