Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengungkap pengaruh supervisi, motivasi, kecerdasan emosi dan komptensi terhadap kinerja guru di SMA Negeri 90 Jakarta. Kedekatan emosional guru terhadap sekolah dan kewajiban moralnya untuk terus berkarya di sekolah adalah arti dari komitmen. Sedangkan proses memperhitungkan intensitas, arah serta usaha guru dalam kegiatan belajar mengajar sebagai motivasi seorang guru. supervisi, motivasi, kecerdasan emosi dan komptensi diduga memberikan pengaruh kuat terhadap kinerja guru. Sehingga masalah yang yang diajukan adalah adakah pengaruh supervisi, motivasi, kecerdasan emosi dan komptensi terhadap kinerja guru di SMA negeri 90 Jakarta. Metodologi penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode survei melalui pemberian kuesioner. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh guru SMA Negeri 90 Jakarta yang berjumlah 70 orang. Adapun variabel supervisi, motivasi, kecerdasan emosi dan komptensi sedangkan variabel terikatnya kinerja guru. Untuk menguji variabel yang berpengaruh, peneliti menggunakan metode regresi linier berganda, uji t dan Uji F. Berdasarkan hasil penelitian didapat bahwa motivasi, kompetensi dan kecerdasan emosi terdapat pengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru hal ini berarti semakin tinggi motivasi, kompetensi, kecerdasan emosi maka semakin tinggi pula kinerja guru SMAN 90, sedangkan untuk supervisi terdapat pengaruh negatif dan signifikan terhadap kinerja guru hal ini berarti supervisi tidak mempengaruhi kinerja guru di SMAN 90