IMPEMENTASI PERILAKU MENONTON DRAMA KOREA DALAM KOMUNIKASI SEHARI-HARI

Main Author: SHAFIRA, YOLANDA
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.mercubuana.ac.id/42051/1/01.Halaman%20Judul.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/42051/2/06.Abstrak.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/42051/3/05.Surat%20Pernyataan.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/42051/4/04.Lembar%20Pengesahan.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/42051/5/07.Kata%20Pengantar.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/42051/6/08.Daftar%20Isi.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/42051/7/09.Daftar%20Tabel.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/42051/8/10.Daftar%20Gambar.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/42051/9/11.Daftar%20Lampiran.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/42051/10/12.BAB%201.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/42051/11/13.BAB%202.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/42051/12/14.BAB%203.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/42051/13/15.BAB%204.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/42051/14/16.BAB%205.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/42051/15/17.Daftar%20Pustaka.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/42051/16/18.Lampiran.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/42051/
Daftar Isi:
  • Maraknya drama-drama korea yang belakangan ini menjadi trend dikalangan para remaja, membuat peneliti mengetahui lebih dalam tentang bagaimana perilaku komunikasi yang mereka gunakan pada kehidupan sehari-hari mereka. Oleh karena perilaku komunikasi itu khas, maka perilaku komunikasi juga hanya terdapat dalam peristiwa-peristiwa komunikatif yang khas. Penelitian yang dilakukan ini untuk mengetahui bagaimana perilaku komunikasi khalayak penonton drama korea dalam komunikasi sehari-hari. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif. Metode penelitian yang digunakan adalah etnografi komunikasi dengan melakukan wawancara mendalam dengan para narasumber. Hasil penelitian ini membahas mengenai perilaku informan dalam menggunakan media untuk mencari tahu tentang drama baru, perilaku komunikasi informan dengan lingkungan sekitarnya, internalisasi budaya korea dalam diri informan dan kepuasan yang didapatkan informan setelahberkomunikasi dengan bahasa korea. Dengan demikian, peneliti mampu memperoleh gambaran mengenai perilaku komunikasi khalayak penonton drama korea dalam komunikasi mereka sehari- hari. Penelitian ini menyimpulkan bahwa perilaku komunikasi yang dilakukan oleh para penggemar drama korea tidak hanya terjadi dikalangan sesama penggemar drama korea saja, tetapi perilaku komunikasi yang mereka lakukan juga terjadi dengan orang yang bukan penggemar drama korea. Dan tanggapan yang didapatkan oleh para penggemar drama korea inipun berbeda antara sesama penggemar dan bukan penggemar.