APLIKASI AUGMENTED REALITY PENGENALAN HEWAN PURBAKALA BERBASIS ANDROID
ctrlnum |
41783 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.mercubuana.ac.id/41783/</relation><title>APLIKASI AUGMENTED REALITY PENGENALAN
HEWAN PURBAKALA BERBASIS ANDROID</title><creator>SUPUTRA, ARI GIGIH</creator><subject>000. Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum</subject><subject>005 Computer Programmming, Programs, Data/Pemprograman Komputer, Program, Data</subject><subject>005.5 General Purpose Application Programs/Program Aplikasi dengan Kegunaan Khusus</subject><subject>591.3 Genetics and Evolution of Animals/Genetika Evolusi Hewan, Genetika Evolusi Binatang</subject><description>Saat ini untuk mempelajari hewan purbakala melalui pelajaran sejarah di sekolah hanya dilakukan hanya melalui sebuah buku dan gambar yang terdapat pada buku-buku dan alat peraga biasa, tetapi dengan menggunakan teknologi augmented reality diharapkan dalam pembelajarannya dapat membuat pelajaran sejarah terutama mengenai hewan purbakala dapat lebih menarik dan menyenangkan karena augmented reality dapat menjadi sebuah alat peraga virtualisasi hewan purbakala dalam bentuk 3D. Aplikasi Augmented Reality ini sebagai media pengenalan hewan purbakala kepada anak-anak secara virtual menggunakan perangkat smartphone agar proses pengenalan Hewan purbakala dapat menjadi lebih menarik dan mudah di aplikasikan karena mudah dibawa serta tidak menggunakan alat peraga yang sulit didapat dan memiliki harga yang mahal. Pengenalan Hewan Purbakala menggunakan augmented reality dapat menampilkan Animasi Hewan purbakala dalam bentuk 3D. Dengan proses, pengguna menjalankan aplikasi kemudian aplikasi akan melakukan pelacakan marker, setelah marker dikenali sesuai data acuan yang terdapat didalam sistem aplikasi, maka aplikasi dapat menampilkan binatang purbakala secara 3D pada layar smartphone. Penulis membuat aplikasi ini menggunakan metode Luther dengan enam tahap yaitu menamai, konsep desain, pengumpulan data, pembuatan, percobaan dan distribusi. Aplikasi ini dibuat menggunakan software 3DS Max dan Vuforia Augmented Reality SDK yang diinstal di system operasi android.</description><date>2017-12-29</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.mercubuana.ac.id/41783/1/ABSTRAK.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.mercubuana.ac.id/41783/2/Cover.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.mercubuana.ac.id/41783/3/LEMBAR%20PERNYATAAN.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.mercubuana.ac.id/41783/4/LEMBAR%20PENGESAHAN.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.mercubuana.ac.id/41783/9/KATA%20PENGANTAR.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.mercubuana.ac.id/41783/5/DAFTAR%20ISI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.mercubuana.ac.id/41783/6/DAFTAR%20TABEL.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.mercubuana.ac.id/41783/7/DAFTAR%20GAMBAR.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.mercubuana.ac.id/41783/8/BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.mercubuana.ac.id/41783/10/BAB%20II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.mercubuana.ac.id/41783/11/BAB%20III.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.mercubuana.ac.id/41783/12/BAB%20IV.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.mercubuana.ac.id/41783/13/BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.mercubuana.ac.id/41783/14/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.mercubuana.ac.id/41783/15/LAMPIRAN.pdf</identifier><identifier> SUPUTRA, ARI GIGIH (2017) APLIKASI AUGMENTED REALITY PENGENALAN HEWAN PURBAKALA BERBASIS ANDROID. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta. </identifier><recordID>41783</recordID></dc>
|
language |
ind |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
SUPUTRA, ARI GIGIH |
title |
APLIKASI AUGMENTED REALITY PENGENALAN
HEWAN PURBAKALA BERBASIS ANDROID |
publishDate |
2017 |
topic |
000. Computer Science Information and General Works/Ilmu Komputer Informasi dan Karya Umum 005 Computer Programmming Programs Data/Pemprograman Komputer Program Data 005.5 General Purpose Application Programs Program Aplikasi dengan Kegunaan Khusus 591.3 Genetics and Evolution of Animals/Genetika Evolusi Hewan Genetika Evolusi Binatang |
url |
http://repository.mercubuana.ac.id/41783/1/ABSTRAK.pdf http://repository.mercubuana.ac.id/41783/2/Cover.pdf http://repository.mercubuana.ac.id/41783/3/LEMBAR%20PERNYATAAN.pdf http://repository.mercubuana.ac.id/41783/4/LEMBAR%20PENGESAHAN.pdf http://repository.mercubuana.ac.id/41783/9/KATA%20PENGANTAR.pdf http://repository.mercubuana.ac.id/41783/5/DAFTAR%20ISI.pdf http://repository.mercubuana.ac.id/41783/6/DAFTAR%20TABEL.pdf http://repository.mercubuana.ac.id/41783/7/DAFTAR%20GAMBAR.pdf http://repository.mercubuana.ac.id/41783/8/BAB%20I.pdf http://repository.mercubuana.ac.id/41783/10/BAB%20II.pdf http://repository.mercubuana.ac.id/41783/11/BAB%20III.pdf http://repository.mercubuana.ac.id/41783/12/BAB%20IV.pdf http://repository.mercubuana.ac.id/41783/13/BAB%20V.pdf http://repository.mercubuana.ac.id/41783/14/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repository.mercubuana.ac.id/41783/15/LAMPIRAN.pdf http://repository.mercubuana.ac.id/41783/ |
contents |
Saat ini untuk mempelajari hewan purbakala melalui pelajaran sejarah di sekolah hanya dilakukan hanya melalui sebuah buku dan gambar yang terdapat pada buku-buku dan alat peraga biasa, tetapi dengan menggunakan teknologi augmented reality diharapkan dalam pembelajarannya dapat membuat pelajaran sejarah terutama mengenai hewan purbakala dapat lebih menarik dan menyenangkan karena augmented reality dapat menjadi sebuah alat peraga virtualisasi hewan purbakala dalam bentuk 3D. Aplikasi Augmented Reality ini sebagai media pengenalan hewan purbakala kepada anak-anak secara virtual menggunakan perangkat smartphone agar proses pengenalan Hewan purbakala dapat menjadi lebih menarik dan mudah di aplikasikan karena mudah dibawa serta tidak menggunakan alat peraga yang sulit didapat dan memiliki harga yang mahal. Pengenalan Hewan Purbakala menggunakan augmented reality dapat menampilkan Animasi Hewan purbakala dalam bentuk 3D. Dengan proses, pengguna menjalankan aplikasi kemudian aplikasi akan melakukan pelacakan marker, setelah marker dikenali sesuai data acuan yang terdapat didalam sistem aplikasi, maka aplikasi dapat menampilkan binatang purbakala secara 3D pada layar smartphone. Penulis membuat aplikasi ini menggunakan metode Luther dengan enam tahap yaitu menamai, konsep desain, pengumpulan data, pembuatan, percobaan dan distribusi. Aplikasi ini dibuat menggunakan software 3DS Max dan Vuforia Augmented Reality SDK yang diinstal di system operasi android. |
id |
IOS5909.41783 |
institution |
Universitas Mercu Buana |
institution_id |
134 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Mercu Buana |
library_id |
542 |
collection |
Repository Universitas Mercu Buana |
repository_id |
5909 |
subject_area |
Econmics/Ilmu Ekonomi Communication/Komunikasi Engineering/Ilmu Teknik Measurement/Teknik Desain, Pengujian, Pengukuran, Kualitas, Perawatan, Pemeliharaan, Perbaikan |
city |
Jakarta Barat |
province |
DKI JAKARTA |
shared_to_ipusnas_str |
1 |
repoId |
IOS5909 |
first_indexed |
2018-07-24T09:22:41Z |
last_indexed |
2018-07-24T09:22:41Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1674510762938204160 |
score |
17.538404 |