ctrlnum 41783
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.mercubuana.ac.id/41783/</relation><title>APLIKASI AUGMENTED REALITY PENGENALAN&#xD; HEWAN PURBAKALA BERBASIS ANDROID</title><creator>SUPUTRA, ARI GIGIH</creator><subject>000. Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum</subject><subject>005 Computer Programmming, Programs, Data/Pemprograman Komputer, Program, Data</subject><subject>005.5 General Purpose Application Programs/Program Aplikasi dengan Kegunaan Khusus</subject><subject>591.3 Genetics and Evolution of Animals/Genetika Evolusi Hewan, Genetika Evolusi Binatang</subject><description>Saat ini untuk mempelajari hewan purbakala melalui pelajaran sejarah di sekolah hanya dilakukan hanya melalui sebuah buku dan gambar yang terdapat pada buku-buku dan alat peraga biasa, tetapi dengan menggunakan teknologi augmented reality diharapkan dalam pembelajarannya dapat membuat pelajaran sejarah terutama mengenai hewan purbakala dapat lebih menarik dan menyenangkan karena augmented reality dapat menjadi sebuah alat peraga virtualisasi hewan purbakala dalam bentuk 3D. Aplikasi Augmented Reality ini sebagai media pengenalan hewan purbakala kepada anak-anak secara virtual menggunakan perangkat smartphone agar proses pengenalan Hewan purbakala dapat menjadi lebih menarik dan mudah di aplikasikan karena mudah dibawa serta tidak menggunakan alat peraga yang sulit didapat dan memiliki harga yang mahal. Pengenalan Hewan Purbakala menggunakan augmented reality dapat menampilkan Animasi Hewan purbakala dalam bentuk 3D. Dengan proses, pengguna menjalankan aplikasi kemudian aplikasi akan melakukan pelacakan marker, setelah marker dikenali sesuai data acuan yang terdapat didalam sistem aplikasi, maka aplikasi dapat menampilkan binatang purbakala secara 3D pada layar smartphone. Penulis membuat aplikasi ini menggunakan metode Luther dengan enam tahap yaitu menamai, konsep desain, pengumpulan data, pembuatan, percobaan dan distribusi. Aplikasi ini dibuat menggunakan software 3DS Max dan Vuforia Augmented Reality SDK yang diinstal di system operasi android.</description><date>2017-12-29</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.mercubuana.ac.id/41783/1/ABSTRAK.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.mercubuana.ac.id/41783/2/Cover.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.mercubuana.ac.id/41783/3/LEMBAR%20PERNYATAAN.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.mercubuana.ac.id/41783/4/LEMBAR%20PENGESAHAN.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.mercubuana.ac.id/41783/9/KATA%20PENGANTAR.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.mercubuana.ac.id/41783/5/DAFTAR%20ISI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.mercubuana.ac.id/41783/6/DAFTAR%20TABEL.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.mercubuana.ac.id/41783/7/DAFTAR%20GAMBAR.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.mercubuana.ac.id/41783/8/BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.mercubuana.ac.id/41783/10/BAB%20II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.mercubuana.ac.id/41783/11/BAB%20III.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.mercubuana.ac.id/41783/12/BAB%20IV.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.mercubuana.ac.id/41783/13/BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.mercubuana.ac.id/41783/14/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.mercubuana.ac.id/41783/15/LAMPIRAN.pdf</identifier><identifier> SUPUTRA, ARI GIGIH (2017) APLIKASI AUGMENTED REALITY PENGENALAN HEWAN PURBAKALA BERBASIS ANDROID. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta. </identifier><recordID>41783</recordID></dc>
language ind
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author SUPUTRA, ARI GIGIH
title APLIKASI AUGMENTED REALITY PENGENALAN HEWAN PURBAKALA BERBASIS ANDROID
publishDate 2017
topic 000. Computer Science
Information and General Works/Ilmu Komputer
Informasi
dan Karya Umum
005 Computer Programmming
Programs
Data/Pemprograman Komputer
Program
Data
005.5 General Purpose Application Programs
Program Aplikasi dengan Kegunaan Khusus
591.3 Genetics and Evolution of Animals/Genetika Evolusi Hewan
Genetika Evolusi Binatang
url http://repository.mercubuana.ac.id/41783/1/ABSTRAK.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/41783/2/Cover.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/41783/3/LEMBAR%20PERNYATAAN.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/41783/4/LEMBAR%20PENGESAHAN.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/41783/9/KATA%20PENGANTAR.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/41783/5/DAFTAR%20ISI.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/41783/6/DAFTAR%20TABEL.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/41783/7/DAFTAR%20GAMBAR.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/41783/8/BAB%20I.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/41783/10/BAB%20II.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/41783/11/BAB%20III.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/41783/12/BAB%20IV.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/41783/13/BAB%20V.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/41783/14/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/41783/15/LAMPIRAN.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/41783/
contents Saat ini untuk mempelajari hewan purbakala melalui pelajaran sejarah di sekolah hanya dilakukan hanya melalui sebuah buku dan gambar yang terdapat pada buku-buku dan alat peraga biasa, tetapi dengan menggunakan teknologi augmented reality diharapkan dalam pembelajarannya dapat membuat pelajaran sejarah terutama mengenai hewan purbakala dapat lebih menarik dan menyenangkan karena augmented reality dapat menjadi sebuah alat peraga virtualisasi hewan purbakala dalam bentuk 3D. Aplikasi Augmented Reality ini sebagai media pengenalan hewan purbakala kepada anak-anak secara virtual menggunakan perangkat smartphone agar proses pengenalan Hewan purbakala dapat menjadi lebih menarik dan mudah di aplikasikan karena mudah dibawa serta tidak menggunakan alat peraga yang sulit didapat dan memiliki harga yang mahal. Pengenalan Hewan Purbakala menggunakan augmented reality dapat menampilkan Animasi Hewan purbakala dalam bentuk 3D. Dengan proses, pengguna menjalankan aplikasi kemudian aplikasi akan melakukan pelacakan marker, setelah marker dikenali sesuai data acuan yang terdapat didalam sistem aplikasi, maka aplikasi dapat menampilkan binatang purbakala secara 3D pada layar smartphone. Penulis membuat aplikasi ini menggunakan metode Luther dengan enam tahap yaitu menamai, konsep desain, pengumpulan data, pembuatan, percobaan dan distribusi. Aplikasi ini dibuat menggunakan software 3DS Max dan Vuforia Augmented Reality SDK yang diinstal di system operasi android.
id IOS5909.41783
institution Universitas Mercu Buana
institution_id 134
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Mercu Buana
library_id 542
collection Repository Universitas Mercu Buana
repository_id 5909
subject_area Econmics/Ilmu Ekonomi
Communication/Komunikasi
Engineering/Ilmu Teknik
Measurement/Teknik Desain, Pengujian, Pengukuran, Kualitas, Perawatan, Pemeliharaan, Perbaikan
city Jakarta Barat
province DKI JAKARTA
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS5909
first_indexed 2018-07-24T09:22:41Z
last_indexed 2018-07-24T09:22:41Z
recordtype dc
_version_ 1674510762938204160
score 17.538404