PENGARUH KESEMPATAN INVESTASI, SZE, PROFITABILITAS, DAN KEPEMILIKAN MANAJERIAL TERHADAP KEBIJAKAN DIVIDEN PADA PERUSAHAAN CONSUMER GOODS TERCATAT DI BURSA EFEK INDONESIA
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kesempatan investasi, size, profitabillitas, dan kepemilikan manajerial terhadap kebijakan dividen pada perusahaan customer goods tercatat di Bursa Efek Indonesia. Penelitian ini dilakukan dengan metode analisis regresi linear berganda dengan menggunakan bantuan program software SPSS versi 22.00 yang bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kesempatan investasi, size, profitabilitas, dan kepemilikan manajerial, terhadap kebijakan dividen pada perusahaan consumer goods tercatat di Bursa Efek Indonesia. Penelitian ini menggunakan populasi semua perusahaan consumer goods yang tercatat di BEI untuk periode tahun 2010 – September 2014. Jumlah populasi pada penelitian ini sebanyak 38 Emiten, sedangkan pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan data sekunder dari Bursa Efek Indonesia (www.idx.co.id) atas laporan keuangan tahunan perusahaan consumer goods yang telah dilaporkan dari tahun 2010-2013. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial kesempatan investasi dan profitabilitas tidak memiliki pengaruh terhadap kebijakan dividen, sementara itu, size dan kepemilikan manajerial berpengaruh terhadap kebijakan dividen.