STRATEGI PROGRAM DAN KOMUIKASI PEMASARAN RADIO RDI FM
Daftar Isi:
- Bisnis media dalam kajian ilmu komunikasi banyak dibahas dalam kajian ekonomi media. Dalam hal ini, siklus ekonomi media dipengaruhi oleh masyarakat yang memerlukan aneka informasi dan industri periklanan sebagai pasar sekaligus sumber dana. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran situasi industri radio di Jakarta, Strategi program menghadapi kondisi persaingan tersebut, serta strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh radio RDI. Pasar radio di Indonesia dan khususnya di daerah Jakarta adalah pasar Oligopoli dimana banyak pemain yang ikut terlibat dalam industri radio. Dengan banyaknya pemain tersebut, radio dituntut untuk memiliki strategi yang tepat untuk dapat menyasar konsumen dan pengiklan. Sekarang ini seolah terjadi keseragaman konten radio yaitu dimana hampir semua radio memutar lagu-lagu umum (pop modern dan lagu barat). Sebagai sebuah bisnis media, radio RDI menerapkan strategi program yang menyasar segmen umum yaitu di kalangan menengah. Tetapi dengan membatasi kelas bawahnya adalah kelas bawah yang masih memiliki daya beli. Hal ini dilakukan dengan cara seleksi lagu yang diputar yaitu lagu pop melayu dan dangdut modern. Radio RDI tidak memutar lagu dangdut pinggiran. Radio RDI juga menggunakan jaringan dan group Media MNC sebagai salah satu strategi marketing. Untuk memasarkan program radio RDI, pihak radio RDI menerapkan Integrated Marketing Communication (IMC). IMC memfokuskan pada audience (pendengar radio dan pengiklan), dengan menggunakan semua saluran pemasaran dengan tujuan akhir untuk kepentingan audience.