Daftar Isi:
  • Ragam penilaian masyarakat terhadap konsep pemberitaan yang disajikan oleh suatu surat kabar menunjukkan bahwa fungsi pemberitaan dalam surat kabar cukup efektif untuk menumbuhkan sikap tertentu pada kalangan pembaca. Sebagai misal, dampak terpaan pemberitaan kandidat Walikota dan Wakil Walikota Jambi yang menjadi peserta Pemilukada Kota Jambi 2013-2018 tentu menimbulkan persepsi tertentu di kalangan pembaca surat kabar yang memuat pemberitaan peserta Pemilukada tersebut. Berdasarkan hal tersebut permasalahan yang dihadapi adalah seberapa besar pengaruh terpaan pemberitaan pemilukada terhadap pernilaian pembaca Harian Jambi Independent dalam menilai kandidat Walikota dan Wakil Walikota Jambi 2013-2018. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mencari jawaban atas pengaruh terpaan pemberitaan Pemilukada terhadap penilaian pembaca Harian Jambi Independent dalam menilai kandidat Walikota dan Wakil Walikota Jambi 2013-2018. Sebagai landasan teoritik dalam penelitian ini merujuk pada teori Paul De Massenner (dalam Mirza 2000:68) mengatakan bahwa news atau berita adalah sebuah informasi yang penting dan menarik perhatian serta diminati khalayak. Sedangkan persepsi menurut Sandjaja (2005:2) yang mengatakan kita telah mengetahui bahwa persepsi mensyaratkan adanya tiga hal yakni orang yang mempersepsi, obyek persepsi, dan suatu interpretasi atau makna yang merupakan hasil dari tindakan persepsi. Paradigma yang menjadi dasar penelitian ini adalah paradigma positivisme dan metode penelitian survei deskriptif kausalistik dengan pendekatan kuantitatif. Metode penelitian ini berbasis pada data primer yang diperoleh dari para responden yang menjadi sampel penelitian dan diolah dengan pendekatan analisis statistik parametrik. Sampel penelitian sebanyak 394 responden yang diambil dari populasi penelitian sebanyak 25.000 pembaca dengan rumus Slovin. Teknik pengumpulan data menggunakan Studi Kepustakaan, Teknik Kuesioner dan Observasi. Teknik analisis data menggunakan Analisis Regresi Sederhana. Kesimpulan yang dikemukakan dari pembahasan hasil penelitian adalah Terdapat pengaruh terpaan pemberitaan Pemilukada terhadap penilaian pembaca Harian Jambi Independent dalam menilai kandidat Walikota dan Wakil Walikota Jambi 2013-2018 sebesar 0,892. Pengaruh ini terbilang sangat kuat dan signifikan.