POLA KOMUNIKASI GURU DALAM MEMOTIVASI SISWA MEMASUKI DUNIA KERJA (STUDI KASUS KOMUNIKASI GURU DAN SISWA DALAM MELAKSANAKAN PROGRAM PEMBELAJARAN DI SMK YADIKA 4)
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi masih tingginya tingkat penganguran dan sulitnya siswa sekolah kejuruan untuk mendapat pekerjaan karena belum adanya pengalaman kerja. Fokus penelitian ini adalah menjalin komunikasi antara guru dan siswa dalam melaksanakan program pembelajaran di SMK Yadika 4 Tangerang dan motivasi dalam mempersiapkan siswa memasuki dunia kerja. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus dan pendekatan kualitatif untuk menjelaskan tentang pola komunikasi interpersonal, komunikasi instruksional dan interaksi simbolik. Teknik pengumpulan data dengan melakukan wawancara mendalam terhadap guru mata pelajaran Normatif, Adaptif, Produktif, Hubin, dan BP/BK, siswa yang saat ini berada di kelas 12, HRD perusahaan yang bekerjasama saat ini, siswa yang telah bekerja dan orang tua siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komunikasi guru dan siswa kadang kala ada hambatan, program pembelajaran telah dilaksanakan dengan baik sesuai dengan waktu dan jadwal yang ditetapkan, penyaluran tenaga kerja melalui sekolah masih rendah, sebagai jalan keluarnya, guru hubin akan meningkatkan kerjasama terhadap beberapa perusahaan lagi yang sesuai dengan kriteria, sehingga pihak perusahaan mendapatkan siswa yang memiliki kontrol emosional stabil dan lebih menguasai komputer dan bahasa Inggris.