Daftar Isi:
  • Keberadaan sebuah rumah sakit tidak hanya untuk mengobati namun juga untuk mengedukasi masyarakat. Siloam Hospital Lippo Village sadar bertul akan tanggung jawabnya untuk mengedukasi publiknya. Salah satu hal yang dilakukan untuk mengedukasi publik yaitu dengan menggunakan brosur edukasi yang ada di rumah sakit. Brosur edukasi Siloam Hospital Lippo Village dimanfaatkan untuk memberikan pesan-pesan edukasi yang tentunya dapat meningkatkan wawasan pengunjung dan menunjang citra baik bagi perusahaan itu sendiri. Tujuan dari penelitian ini yaitu mengetahui dan menjelaskan pemanfaatan brosur sebagai media informasi Siloam Hospital Lippo Village dalam mengedukasi pengunjung. Penelitian yang dilakukan ini menggunakan landasan teori media komunikasi Public Relations dan penggunaan media pada kegiatan Public Relations yang ada di dalam buku Maria Assumpta Rumanti yaitu Dasar-dasar Public Relations. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif kualitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus dengan melakukan wawancara mendalam kepada narasumber. Hasil penelitian ini membahas mengenai pemanfaatan brosur yang digunakan Siloam Hospital Lippo Village sebagai media informasi dalam mengedukasi pengunjung yaitu mulai dari alasan Siloam Hospital Lippo Village menggunakan brosur sebagai media informasi dalam mengedukasi pengunjung, proses pengelolaan brosur edukasi Siloam Hospital Lippo Village hingga manfaat yang diperoleh pengunjung dan Siloam Hospital Lippo Village sendiri dalam menggunakan media brosur edukasi. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pemanfaatan brosur yang dilakukan Siloam Hospital Lippo Village yaitu bertujuan sebagai media komunikasi organisasi serta sebagai media informasi yang dapat menunjang citra baik (branding) Siloam Hospital Lippo Village yang peduli kepada publiknya salah satunya pengunjung.