EFEKTIVITAS WEBSITE UNIVERSITAS MERCU BUANA DALAM MEMENUHI KEBUTUHAN INFORMASI MAHASISWA BARU (Survei Pada Mahasiswa Universitas Mercu Buana Fakultas Ilmu Komunikasi Periode 2016/2017)

Main Author: ARIFIN, FARINA
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.mercubuana.ac.id/41295/1/2.%20ABSTRAK.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/41295/2/1.%20Cover.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/41295/3/3.%20Lembar%20Pernyataan.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/41295/4/4.%20Lembar%20Pengesahan.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/41295/5/5.%20Kata%20Pengantar.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/41295/6/6.%20Daftar%20isi.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/41295/7/7.%20Bab%201.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/41295/8/8.%20Bab%202.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/41295/9/9.%20Bab%203.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/41295/10/10.%20Bab%204.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/41295/11/11.%20Bab%205.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/41295/12/12.%20Daftar%20Pustaka.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/41295/13/13.%20Lampiran.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/41295/
Daftar Isi:
  • Di era digital saat ini setiap perusahaan/organisasi harus mampu mengkomunikasikan segala informasi kepada stakeholders-nya dengan cara yang menarik dan mudah diakses. Universitas Mercu Buana sebagai instansi pendidikan menggunakan website untuk menyampaikan informasi kepada stakeholders-nya. Humas UMB sebagai pengelola website harus mampu mengemas pesan dengan baik agar mudah dipahami oleh para pembaca. Adanya persaingan antar perguruan tinggi dalam menjaring calon mahasiswa baru menjadikan isi website sebagai salah satu indikator keberhasilan penyampaian informasi kepada stakeholders-nya. Penelitian ini membahas mengenai Efektivitas Website Universitas Mercu Buana Dalam Memenuhi Kebutuhan Calon Mahasiwa Baru. Peneliti menggunakan konsep Horton mengenai prinsip yang perlu diperhatikan oleh sebuah perusahaan dalam mengkomunikasikan informasi dalam website yaitu, simplicity, timeliness, openness, definition, flexibility, individually, meaningful, dan measurable. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan tipe penelitian Deskriptif. Metode penelitian yang digunakan adalah survey melalui kuesioner yang dibagikan kepada responden. Populasi berjumlah 520 orang dengan teknik penarikan sampel yang digunakan peneliti ini Proposional Sampling oleh karena itu sampel berjumlah 85 responden. Teknik pengumpulan data, data primer dengan kuesioner dan data sekunder dengan studi kepustakaan. Hasil penelitian yang diperoleh mengenai Efektivitas “Website” sebagai sarana Pemenuhan Kebutuhan Informasi Calon Mahasiswa Baru Fakultas Ilmu Komunikasi Periode 2016/2017 adalah efektif yang diukur menggunakan variabel Website. Hal ini dibuktikan dari 85 responden, perhitungan menggunakan Skala Likert menggunakan rumus Likert Summarthing dengan total skor 6713 yang terletak dimana Q2 dan Q3 yang berarti Website Mercu Buana efektif dalam memenuhi kebutuhan informasi calon mahasiswa/I baru fakultas ilmu komunikasi periode 2016/2017.