KONSTRUKSI PEMBERITAAN TENTANG PELANGGARAN DESAIN INDUSTRI APPLE VS SAMSUNG (Studi Analisis Framing Robert Entman pada media online detik.com)
Daftar Isi:
- Produksi berita sesungguhnya berada dalam pertarungan antara pihak-pihak yang berkepentingan dengan isi berita. Secara umum, pihak yang menguasai kapital berpeluang paling besar mendominasi proses produksi berita. Dalam konteks media massa, pengiklan (advetiser) merupakan pihak yang dominan menentukan kecenderungan dan keberpihakkan media. Hal ini terjadi karena media massa di Indonesia telah mengalami pergeseran yang disebakan pola produksi yang berubah. Bagaimana konstruksi Pemberitaan Pelanggaran Desain Industri Apple Vs Samsung di media online detik.com? Tujuan dari penulisan ini yaitu untuk mengetahui sejauh mana pemberitaan di media detik.com dalam menyajikan sebuah framing pemberitaan. Untuk mengetahui konstruksi Pemberitaan Pelanggaran Desain Industri Apple Vs Samsung di media online detik.com. Menurut skema Hierarchy of Influence, Pamela Shoemaker dan Stephen D. Reese dalam buku Mediating The Message : Theories of Influence on Mass Media Content yang ditulis oleh Pamela Shoemaker dan Stephen D. Reese (1996), terdapat lima faktor yang mempengaruhi isi media. Kelima faktor tersebut adalah individu, rutinitas media, organisasi, ekstramedia dan ideologi Teknik analisis data untuk teks, menggunakan analisis tekstual berdasarkan framing model Entman. Analisis ini mencermati strategi seleksi, penonjolan berita agar lebih menarik, lebih berarti untuk menggiring dan mengarahkan interpretasi khalayak sesuai dengan perspektif framing model Entman. Dalam pemberitaan kasus ini bukan sekadar sengketa Hak Kekayaan Intelektual, tetapi bisa ditafsirkan sebagai bentuk persaingan bisnis yang ikut diwarnai oleh sentimen nasionalisme.