Daftar Isi:
  • perusahaan. Adanya fenomena penurunan market share menjadi masalah bagi suatu perusahaan. Peneliti menemukan adanya penurunan market share pada Mandiri Inhealth walaupun sesungguhnya terjadi pertumbuhan bisnis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran yang tepat dilakukan oleh Mandiri Inhealth melalui analisa faktor internal dan eksternal yang dituangkan dalam matriks IFE, matriks EFE dan Matriks Internal Eksternal. Metode penelitian ini dipilih karena perusahaan yang diteliti memiliki segmentasi pasar B to B. Dari matriks IFE diperoleh skor total 2,97 matriks EFE diperoleh skor total 3,92 sehingga ada matriks Internal Eksternal diperoleh pada kuadran II yang berarti perusahaan dalam kondisi growth and build. Berdasarkan matriks QSPM atas kondisi growth and build maka strategi pemasaran yang direkomendasikan adalah strategi penetrasi pasar, yang artinya perusahaan masih bisa fokus penjualan pada produk yang telah ada dengan menambahkan upaya penetapan harga yang kompetitif melalui minimalisir fixed cost dan memperbanyak kanal penjualan.