Daftar Isi:
  • Konsep STP merupakan hal yang paling dasar dalam membantu perusahaan menyusun strategi komunikasi perusahaan. Penentuan segmen pasar sangat penting dalam mengenali konsumen dan memastikan siapa yang berpotensi menjadi konsumen di pasar. Penentuan targeting di UIG English sangat tergantung dari program yang ditawarkan Positioning merupakan suatu tindakan atau langkahlangkah dari perusahaan untuk mendesain citra perusahaan dan penawaran nilai di mana konsumen di dalam suatu segmen tertentu mengerti dan menghargai apa yang dilakukan suatu perusahaan. Begitu pula yang dilakukan oleh UIG English sebagai Lembaga Pendidikan nonformal dengan menyusun STP yang menjadi konsep dasar untuk dalam penentuan strategi komunikasi agar lebih mengenal konsumen dan juga dapat bersaing dipasar kursus Bahasa Inggris. Kajian penyusunan STP inilah yang dianalisa oleh peneliti. Batasan konsep penelitian ini adalah sesuai dengan teori yang dikemukan Kotler bahwa untuk merancang strategi pemasaran yang baik maka pemasaran harus menjawab dua pertanyaan penting: pelanggan apa yang akan kita layani (apa target pasar kita. Metode penelitian yang digunakan adalah metode studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam dan studi kepustakaan. Peneliti menyajikan gambaran maupun uraian mengenai analisa STP sebagaimana adanya yang didapatkan di lokasi penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penentuan Segmentasi, Targeting dan Positioning yang dilakukan oleh perusahaan merupakan dasar perancangan strategi pemasaran dan mampu memberikan kontribusi bagi kenaikan jumlah siswa yang belajar di UIG English. Kata kunci: Segmentasi, Targeting, Positioning, Kursus Bahasa Inggris, Akademik English