EFEKTIVITAS AKUN TWITTER TMC POLDA METRO JAYA MENJADI MEDIA INFORMASI DAN KEPUASAN INFORMASI (SURVEI FOLLOWER AKUN TWITTER TMC POLDA METRO JAYA PERIODE 28 MARET 2017)
Daftar Isi:
- Media Public Relations adalah berbagai macam sarana penghubung yang di pergunakan seorang public relations (mewakili organisasi) dengan publiknya. Yaitu salah satu yang digunakan media public relations adalah Twitter. Twitter menjadi lahan baru yang efektif untuk melakukan kegiatan promosi. Adapun masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana efektivitas penyampaian informasi melalui akun Twitter TMC Polda Metro Jaya, dan tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas akun Twitter TMC Polda Metro Jaya menjadi media informasi dan kepuasan informasi. Konsep Penelitian yang digunakan mengacu pada konsep McQuil dengan studi mereka tentang bagaimana manusia mengkonsumsi media massa dan merasa terpuaskan dengan media. Teori Penelitian yang digunakan mengacu pada teori Uses and Gratifications dikemukakan oleh Elihu Katz, Jay G. Blumbler, dan Michael Gurevitch yang menyatakan bahwa pengguna media memainkan peran yang aktif dalam memilih dan menggunakan media. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan tipe penelitian deskriptif. metode pengumpulan data primer dengan mempergunakan kuesioner dan data sekunder dengan mengumpulkan teori dan literatur. Penelitian ini menunjukan bahwa anatara efektivitas akun Twitter TMC menjadi media informasi dan kepuasan informasi mempunyai hubungan yang positif atau bisa dikatakan efektif dengan skor 10742 dan memberikan kepuasan akan informasi yang disampaikan. Kesimpulan penelitian ini adalah Motif integrasi dan interaksi sosial yang mendorong pengguna akun Twitter dalam mengakses akun Twitter TMC Polda Metro Jaya. Dan untuk kepuasan informasi adalah kepuasan integrasi dan interaksi sosial yang mendorong pengguna merasakan terpuaskan akan informasi yaitu pada kepuasan integrasi dan interaksi sosial. Kata Kunci : Twitter, Kepuasan Informasi