PENGARUH KOMUNIKASI INTERPERSONAL SUPERVISOR TERHADAP OPERATIVE GOALS PADA DIVISI CALL CENTER PT SRIWIJAYA AIR DI JAKARTA
Daftar Isi:
- Kemampuan suatu perusahaan dalam menjaga komunikasi yang baik antara karyawan dengan pemimpin merupakan salah satu aspek keberhasilan perusahaan tersebut. Hal ini berkaitan erat dengan komunikasi interpersonal yang diterapkan oleh pemimpin, karena dapat mempengaruhi tercapainya operative goals dari sebuah organisasi. Efek yang muncul pun bisa positif dan negatif, positifnya adalah saat karyawan memiliki hubungan baik dengan pemimpin maka operative goals dapat tercapai. Pada penelitian ini penulis menggunakan teori dari Devito (1976) untuk variable komunikasi interpersonal, dimana dimensi dari variable X adalah keterbukaan, empati, dukungan, kepositifan, kesetaraan. Dan untuk dimensi operative goals penulis menggunakan teori dari Rhenald Kesali (1998), dimana dimensi dari variabel Y adalah efisiensi, produktifitas tinggi, pertumbuhan organisasi, stabilitas organisasi, kesejahteraan karyawan. Peneliti menggunakan teknik total sampling dalam melakukan penyebaran kuesioner sebanyak 54 responden dan hasil yang muncul dari penelitian ini adalah bahwa terdapat pengaruh dari komunikasi interpersonal yang dilakukan Supervisor Call Center PT Sriwijaya Air terhadap oprative goals dari Call Center PT Sriwijaya Air. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa komunikasi interpersonal supervisor berpengaruh signifikan terhadap operative goals divisi call center PT Sriwijaya Air. Dalam hal ini seorang Public Relations Officer sangat diperlukan dalam menjembatani permasalahan yang terjadi di perusahaan agar komunikasi antara pimpinan dan karyawan di PT Sriwijaya Air dapat terjalin secara efektif.