Daftar Isi:
  • Media massa memiliki pengaruh yang sangat kuat untuk mempengaruhi orang-orang. Terlebih ketika ada inovasi (penemuan) kemudian disebarkan (difusi) melalui media massa yang akan mempengaruhi massa untuk mengikutinya seperti dari cara berpakaian, ber-makeup, hingga accessoris yang digunakan menjadi suatu inovasi baru yang bisa menimbulkan keingintahuan masyarakat untuk mengetahuinya pula. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh program “I Look” NET TV terhadap gaya hidup hedonis anak remaja di SMA Islam Al-Azhar 8 Summarecon Bekasi. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa dan siswi kelas X, XI, dan XII SMA Islam Al-Azhar 8 Summarecon Bekasi dengan kriteria usia 16 hingga 18 tahun. Subyek penelitian ini berjumlah 85 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner. Hasil analisis data dengan menggunakan rumus statistik Pearson’s Correlation (product moment) mendapatkan koefisien korelasi (r) sebesar 0,547 dengan nilai p = 0,000 (p < 0,05). Hal ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang cukup berarti, artinya memiliki keseimbangan yang ideal atau selaras antara variabel Pola Menonton (X) dan variabel Gaya hidup hedonis (Y) di SMA Islam Al-Azhar 8 Summarecon Bekasi. Hasil analisa menunjukkan bahwa diperoleh t hitung sebesar 5,955 > t Tabel sebesar 1,9887 dengan nilai Signifikansinya 0,000 < 0,05 yang artinya secara individu variable Pola Menonton (X) berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel Gaya Hidup Hedonis (Y). Kata kunci: Gaya Hidup, Hedonis, Remaja, Pengaruh Media Massa.