ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI UNDERPRICING PADA PENAWARAN UMUM SAHAM PERDANA DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2012 - 2016
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh bukti empiris tentang pengaruh Debt to Equity Ratio, Return On Asset, Earning Per Share, Umur Perusahaan, Ukuran Perusahaan, Reputasi underwriter, dan Proposisi Saham terhadap underpricing. Variabel independen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Debt to Equity Ratio, Return On Asset, Earning Per Share, Umur Perusahaan, Ukuran Perusahaan, Reputasi underwriter, dan Proposisi Saham. Variabel dependen yang digunakan dalam penelitian ini adalah underpricing yang di ukur dengan initial abnormal return. Penelitian ini dilakukan di Bursa Efek Indonesia untuk perusahaan sector industry jasa / non-manufaktur yang melakukan IPO pada tahun 2012 sampai dengan tahun 2016. Pengambilan sampel yang dilakukan dengan menggunakan metode purposive sampling menghasilkan 54 perusahaan sebagai sampel penelitian. Hasil menunjukan bahwa variable Earning Per Share dan umur perusahaan berpengaruh signifikan terhadap underpricing dengan arah koefisien negatif. Sedangkan Debt Equity Ratio, Return on Asset, Ukuran Perusahaan, Reputasi underwriter, dan Proposisi Saham tidak berpengaruh secara signifikan terhadap underpricing. Kata kunci: Underpricing, Debt to Equity Ratio, Return On Asset, Earning Per Share, Umur Perusahaan