ANALISIS PRODUKTIVITAS DENGAN MENGGUNAKAN METODE OBJECTIVE MATRIX ( OMAX ) PADA PRODUKSI KEMEJA KOKO (KEMKO) DI CV. ANGHA
Daftar Isi:
- Kemampuan bersaing sebuah industri tidak hanya dilihat dari keunggulan produk-produknyadi pasaran dalam waktu sesaat, tapi juga dilihat dari kinerja seluruh elemen industrinya dalam jangka panjang yang dicerminkan melalui keuntungan yang diperoleh yang dapat digunakan untuk mengembangkan usahanya dan meningkatkan kesejahteraan para pekerjanya, melalui peningkatan efektifitas, produktivitas dan peningkatan kualitas secara berkesinambungan. CV. Angha merupakan salah satu perusahan manufaktur yang bergerak di bidang industri tekstil kemeja koko (kemko). Produk-produk buatan perusahaan ini tidak hanya memenuhi pasaran domestik saja , melainkan telah menembus pasaran ASEAN. Perusahaan ini telah mengekspor hingga ke negaranegara Asia. Di antara bulan Januari-Juni 2016 CV.Angha mengalami permasalahan dalam hal Produktivitas yang mengakibatkan tergat produksi tidak tercapai , oleh sebab itu perlu diadakannya analisa produktivitas. Untuk itu metode Objectiv Matrix dibuat dalam beberapa rasio / kriteria agar dapat di ketahui rasio / kriteria mana yang paling mempengaruhi rendahnya produktivitas perusahaan, selanjutnya kemudian agar dapat diusulkan strategi untuk meningkatkan produktivitas. Berdasarkan Objective matrix (OMAX) dapat dilihat bahwa Indikator Performansi yang dicapai perusahaan bervariasi setiap bulannya, diantaranya pada bulan Januari dengan nilai 330, Februari dengan nilai 115, Maret dengan nilai 265, April dengan nilai 345, Mei dengan nilai 115 dan Juni dengan nilai 180, hal tersebut dapat tercapai karena dipenguruhi dari pencapaian skor dari setiap rasio. Salah satu metode yang dapat mengidentifikasi penyebab terjadinya penurunan produktivitas pada lantai produksi yaitu dengan menggunakan metode FTA (Fault Tree Analysis). Yang menghasilkan Rasio 4 yang memiliki nilai terendah yaitu perbandingan antara produk cacat yang dihasilkan terhadapat produk aktual.