KREATIVITAS DAKWAH DI MEDIA SOSIAL YOUTUBE CHANNEL TALIM ALIF (Studi Deskriptif pada Youtube channel Talim Alif)
Daftar Isi:
- Youtube adalah salah satu layanan dari Google yang memfasilitasi penggunanya untuk mengunggah video dan bisa di akses pengguna yang lain diseluruh dunia secara online. Youtube merupakan satu-satunya media sosial yang dapat mengunggah video tanpa batas durasi. Situs Youtube kini banyak di manfaatkan sebagai metode pembelajaran, penyampaian informasi berkarya untuk membuat video kreatif atau film-film yang bisa dilihat diseluruh dunia. Salah satu pembuat video kreatif berkonten dakwah adalah channel Youtube Ta’lim Alif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kreativitas dakwah bisa tersampaikan oleh pengguna Youtube. Adapun yang menjadi identifikasi masalah penelitian ini adalah untuk mengetahui proses produksi video kreatif Ta’lim Alif dan kendaa yang dialami saat berdakwah di media sosial. Penelitian ini mengunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan melakukan wawancara mendalam kepada narasumber dan observasi. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa proses produksi video kreatif Ta’lim Alif melalui tahap pra produksi, produksi, dan pasca produksi. Tahap ini dilakukan sesuai dengan standar proses produksi pembuatan video pada umumnya. Dalam pembuatn video kreatif dengan konten dakwah, tim produksi mengkroscek kembali setiap informasi hadist dan ayat Al Quran yang akan dicantumkan didalam video tersebut. Video kreatif diunggah di Youtube dengan mengacu pada fenomena yang sedang terjadi di masyakarakat. Media sosial adalah tempat terbaik membagikan dan berkomunikasi dakwah kepada khalayak diseluruh dunia.