PENGEMBANGAN PRODUK LIP MATTE DENGAN FOKUS KEBUTUHAN PELANGGAN MENGGUNAKAN METODE QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT (QFD)
Daftar Isi:
- PT Beauty Link, salah satu perusahaan yang memproduksi lip matte yang harus siap menghadapi persaingan yang ketat. Hal ini ditandai dengan maraknya brand lain yang ikut meramaikan industry kosmetik, menghadapi persaingan ini maka PT Beauty Link memerlukan strategi agar bisa bertahan. Salah satu strategi persaingan dengan terus mengembangkan produk yang diproduksinya agar selalu sesuai dengan keinginan pelanggan. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan produk lip matte untuk meningkatkan kualitas produk yang sudah ada, dengan menggunakan metode Quality Function Deployment . Hasil dari matriks HoQ Level 1 didapat Costumer Requirement bahwa kualitas bahan baku harus diutamakan,. Kemudian dilakukan kembali analisa selanjutnya ke HoQ Level 2 untuk mencari Design Requirement didapatkan prioritas (1736.9) yaitu produk dengan aplikasi yang matte namun tetap ringan dan longlsting saat digunakan. Dari hasil analisa HoQ 2 analisa dilanjutkan ke HoQ 3 yaitu Process Requirement yaitu Inspeksi pada mixing warna saat pemanasan yang menjadi prioritas utama (1614.5) dan dari hasil analisa HoQ 3 analisa dilanjutkan ke HoQ 4 yaitu Quality Procedure dengan prioritas (2195.5) yaitu setiap proses diharuskan ada laporan tertulis dan harus dilakukan Training refreshment prosedur harus dilakukan 6 bulan sekali yang dapat dikembangkan oleh perusahaan. Kata Kunci: Aplikasi Lip Matte , Quality Function Deployment, House Of Quality, Costumer Requirement, Design Requirement ,Process Requirement, Quality Procedure