PENGARUH TRAILER FILM GERBANG NERAKA DI MEDIA SOSIAL YOUTUBE TERHADAP MINAT MENONTON KHALAYAK DI BIOSKOP

Main Author: DWIPUTRI, RIFKA ISNAENI
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.mercubuana.ac.id/40660/1/01.COVER.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/40660/2/05.ABSTRAK.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/40660/3/02.LEMBAR%20PERSETUJUAN.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/40660/4/04.LEMBAR%20PENGESAHAN%20PERBAIKAN%20SKRIPSI.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/40660/5/06.KATA%20PENGANTAR.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/40660/6/07.DAFTAR%20ISI.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/40660/7/08.DAFTAR%20TABEL.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/40660/8/09.DAFTAR%20LAMPIRAN.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/40660/9/10.BAB%20I.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/40660/10/11.BAB%20II.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/40660/11/12.BAB%20III.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/40660/12/13.BAB%20IV.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/40660/13/14.BAB%20V.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/40660/14/15.DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/40660/15/16.LAMPIRAN.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/40660/
Daftar Isi:
  • Di era modern dengan kemajuan teknologi, penyampaian informasi dan pesan telah mengalami konvergensi dengan tidak lagi hanya mengandalkan media elektronik dan cetak, namun juga kian merambah pada media sosial, salah satunya adalah YouTube yang kini digunakan sebagai wadah baru mempromosikan film. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah trailer film Gerbang Neraka di media sosial YouTube memberikan pengaruh terhadap minat masyarakat untuk menonton film Gerbang Neraka di bioskop. Dalam penelitian ini, dampak komunikasi berkaitan dengan Teori Uses and Effects. Teori menjelaskan tentang bagaimana media itu digunakan dan menimbulkan efek atas penggunaan media tersebut sebagai sumber informasi. Sejalan dengan teori ini, khalayak menerima dampak yang ditimbulkan setelah menonton trailer film berupa minat khalayak yaitu seberapa jauh perhatian (Attention) khalayak terhadap minat (Interest) khalayak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan tipe penelitian eksplanatif. Metode yang digunakan yaitu menggunakan metode survey dengan kuisioner sebagai instrumen utama untuk mendapatkan informasi dari sejumlah responden. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat probabilitas sebesar 0,000 yakni jauh lebih kecil dari nilai taraf signifikasi sebesar 0,05 (taraf signifikasi α = 5%) yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima, atau dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara Trailer Film Gerbang Neraka di Media Sosial Youtube terhadap Minat Menonton Khalayak di Bioskop, dengan angka korelasi sebesar 0,634 yang menunjukan bahwa tingkat hubungan (korelasi) pada penelitian ini tergolong kuat, positif dan searah