Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi hasil survei pendahuluan yang membuktikan bahwa dalam komunikasi kepemimpinan Chairman MNC Group Hary Tanoesoedibjo masih terjadi permasalahan. Berdasarkan latar belakang tersebut, tujuan penelitian ini hendak menguji pengaruh tiga level kemampuan komunikasi pemimpin perusahaan (core communication skills, managerial communication skills, dan corporate communication skills) terhadap efektivitas komunikasi internal, baik parsial maupun simultan. Paradigma penelitian positivistik. Pendekatan penelitian kuantitatif, tipe penelitian kausal dengan metode survei. Sumber data utama adalah data primer yang diperoleh dengan menyebarkan kuesioner secara tatap muka. Kuesioner disusun berdasarkan konsep komunikasi kepemimpinan dari Deborah J. Barret (2006). Populasi yang digunakan adalah karyawan tetap MNC Group mulai manajer ke atas (manager up) yang menjadi peserta dalam Manager Forum. Jumlah responden 100 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Teknik analisis data menggunakan ordiniray least square (OLS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketiga level kemampuan komunikasi pemimpin perusahaan (core communication skills, managerial communication skills, dan corporate communication skills) berpengaruh positif dan signifikan terhadap efektivitas komunikasi internal, baik parsial maupun simultan.