STRATEGI IMPLEMENTASI TEKNOLOGI IOT PADA SMART HOME Study Case PT.XL Axiata,Tbk
Daftar Isi:
- Indonesia sampai saat ini telah mengimplementasikan berbagai macam teknologi telekomunikasi yaitu untuk meningkatkan kualitas layanan dan peningkatan pelanggan,sehingga perlu dilakukan pembenahan disemua sector,salah satunya infrastruktur Telekomunikasi. Teknologi IOT atau Internet of Things menawarakan layanan dan jaringan yang smart. XL Axiata merupakan salah satu operator yang sudah melakukan uji coba untuk teknologi IOT.namaun seperti saat implemetasi IOT,memerlukan investasi yang cukup mahal banyak hal yang dipertimbangkan sebelum melakukan implementasi teknolgi IOT, oleh karena itu perlu dirumuskan suatu strategi yang cocok dalam melakukan implementasi IOT pada jaringan XL Axiata di Indonesia. Penelitian dalam thesis ini dilaksanakan dengan melakukan perumusan strategi di XL dalam rangka melakukan implementasi Teknologi IOT.Perumusan strategi didasari oleh konsep ilmu manajmen strategi dengan mengunakan perumusan strategi yang terdiri dari Matrik Evaluasi Internal, Matrik Evaluasi External,SWOT,Matrik Internal External,dan Grand strategy. Setelah dilakukan perumusan diproleh bahwa strategi “Melajutkan layanan data dan VAS saat ini dengan meningkatkan jumlah pelangan dengan mengubah model bisnis pencapaian jumlah pelanggan (dari ‘volume’ ke ‘value’) yaitu dengan Strategi 3R, lalu melakukan implementasi IOT secara perlahan,ini merupakan strategi yang terbaik dan bisa di implementasikan