PERANCANGAN DAN EVALUASI IMPLEMENTASI SISTEM MANAJEMEN MUTU ISO 9001:2015 MELALUI KEPUASAN PELANGGAN DI UNIVERSITAS ISLAM AS-SYAFI’IYAH
Daftar Isi:
- Sistem Manajemen Mutu ISO 9001 adalah salah satu standar ISO 9000 yang menyediakan serangkaian panduan tentang bagaimana membangun sistem yang berkualitas untuk mengelola proses yang mempengaruhi produk atau layanannya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk merancang dan mengimplementasikan ISO 9001:2015 pada Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam As-Syafi’iyah sehingga dapat membantu meningkatkan kepuasan pelanggan. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dan kualitatif dalam pelaksanaanya jumlah sampel dipilih meliputi 215 responden sebagai sampel yang dipilih secara acak dalam menganalisis data. Implementasi ISO 9001 dalam penelitian ini dilaksanakan dari mulai pembuatan dokumen mutu, internal audit, eksternal audit sampai tahap sertifikasi. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa secara keseluruhan instrument tangible, reliability, empathy, dan assurance mengalami kenaikan tetapi hanya instrument reliability dan tangible saja yang mencapai target. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukan bahwa ISO 9001 dapat meningkatkan kepuasan pelanggan melalui penerapannya