Daftar Isi:
  • Dalam melakukan proses komunikasinya, komuikasi massa menggunakan suatu alat komunikasi, yaitu media massa. Media massa terbagi menjadi dua macam yaitu cetak dan media elektronik. Salah satu media komuikasi yang banyak dipilih oleh masyarakat adalah media elektronik seperti film. Sedangkan film komedi adalah genre film dimana penekanan utama adalah pada humor. Film Warkop DKI Reborn Part I Jangkrik Boss termasuk dalam genre film komedi. Dimana alur cerita nya banyak diselipkan lelucon, surealisme, dan hal-hal konyol lainnya. Dengan judul penelitian ini, peneliti menggunakan landasan teori proses terjadinya persepsi yang ada di buku Jalaludin Rakhmat, Psikologi Komunikasi yang menyatakan persepsi terbentuk dengan tiga hal yaitu : Perhatian (Attention), Penafsiran (Interpretation), dan Pengetahuan (Kognitif) Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan tipe penelitian deskriptif. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey dengan menyebarkan kuisioner kepada responden yang telah dipilih. Populasi diambil dilingkungan RW006 Kelurahan Duri Utara, metode penarikan sampel menggunakan Rumus Yamane. Teknik penarikan sampel nya menggunakan Teknik sampel non probabilitas yaitu purposive sampel dengan menentukan kriteria responden sesuai tujuan penelitian ini. Hasil penelitian yang didapatkan peneliti berdasarkan tabel 4.32 akumulasi tingkat persepsi, menyatakan kedua kelompok responden baik dewasa dan remaja, sama-sama menyatakan persepsi positif dan tanggapan positif terhadap film tersebut