Daftar Isi:
  • Studi compliance gaining banyak dipakai dalam persuasi interpersonal, penelitian ini menguji teori Compliance Gaining Strategy (CGS) dalam konteks kebijakan publik terkait kenaikan harga subsidi Bahan Bakar Minyak (BBM) karena dilatarbelakangi permasalahan risiko krisis energi, peningkatan konsumsi BBM di Indonesia, dan alokasi subsidi BBM menekan APBN yang dipandang belum tepat sasaran. Prinsip persuasi dalam compliance gaining bisa dipakai untuk komunikasi publik bahkan komunikasi massa karena penelitian ini menggunakan 5 iklan infografik cetak sebagai treatment. Teori CGS berpusat pada strategi persuasi yang dilakukan agar seseorang mematuhi keinginan komunikator, Marwell dan Schmitt (1967) mengidentifikasi ada 16 strategi, yang dikelompokkan menjadi 5 strategi utama: Rewarding Activities, Punishing Activities, Expertise, Personal Commitments dan Impersonal Commitments, untuk menguji strategi persuasi mana yang paling berhasil dalam mendapatkan kepatuhan kebijakan publik, dipakai metode eksperimen (desain between subject). Hasil penelitian memperlihatkan dua pendekatan terbukti berhasil meningkatkan kepatuhan; strategi rewarding activities dan impersonal commitments, sementara tiga strategi lain tidak terbukti signifikan. Hal ini mendukung temuan dari studi Turner, et. al, (2010) dalam konteks komunikasi interpersonal dan studi Lamude and Scudder (1993) dalam konteks komunikasi organisasi, memperjelas temuan prinsip persuasi interpersonal bisa dipakai untuk persuasi kebijakan publik