PENGARUH KUALITAS PELAYANAN KUALITAS PRODUK DAN CITRA PERUSAHAAN TERHADAP KEPUASAN NASABAH DAN DAMPAKNYA PADA LOYALITAS NASABAH DI PT. ASURANSI JASA INDONESIA (PERSERO) KANTOR CABANG JAKARTA MENTENG (STUDI KASUS ASURANSI JASINDO OTO )
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas pelayanan, kualitas produk, citra perusahaan dan kepuasan nasabah terhadap loyalitas nasabah. Penelitian dilakukan di PT Asuransi Jasa Indonesia Kantor Cabang Jakarta Menteng khususnya produk Asuransi Jasindo OTO. Jenis data yang digunakan berupa data primer dan sekunder. Data primer diperoleh dari responden dengan menggunakan kuesioner yang dibagikan kepada responden sasaran sebanyak 103 responden yang dipilih secara random. Metode analisis data menggunakan analisis jalur dengan model persamaan dua jalur. Model jalur pertama menganalisis pengaruh kualitas pelayanan, kualitas produk dan citra perusahaan terhadap kepuasan nasabah. Jalur kedua mengevaluasi pengaruh kualitas pelayanan, kualitas produk, citra peusahaan dan kepuasan nasabah terhadap loyalitas nasabah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan, kualitas produk, dan citra perusahaan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan nasabah secara parsial dan simultan. Kualitas pelayanan, kualitas produk, citra perusahaan dan kepuasan nasabah secara parsial dan simultan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas nasabah. Disarankan untuk melakukan peningkatan kualitas pelayanan, kualitas produk dan citra perusahaan dalam bentuk peningkatan kompetensi pegawai dan merancang sistem pelayanan yang sederhana dan mudah dipahami