Daftar Isi:
  • Iklan adalah salah satu cara untuk mempromosikan produk. Diantara iklan yang muncul di media massa, terdapat iklan yang menggunakan ilustrasi imaji maskulinitas. Media secara teoritis dapat mengembangkan imaji tersebut menjadi konsep yang sering tidak disadari oleh khalayak. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap representasi dan konsep maskulinitas dalam iklan-iklan produk rokok, serta untuk menggali makna, ideologi dan mitos apa yang ada di balik penggambaran maskulinitas pada kedua iklan tersebut. Analisis penelitian ini dilakukan dengan menggunakan analisis semiotik dan menggunakan paradigma citical constructionism. Dengan perbandingan karakteristik maskulinitas pada dua iklan, yaitu iklan rokok Gudang Garam International versi Bangkok Battle Drift dan versi Monaco Drift. Penelitian ini menemukan iklan dibuat oleh produsen dengan melanggengkan ideologi patriarki di Indonesia supaya industri tetap berjalan sesuai dengan kepentingan para elit kapitalis. Sehingga iklan bukan sekedar mengemas produk, tetapi juga bagaimana para produsen menggunakan imaji maskulinitas sebagai komoditas bagi produk mereka. Para produsen berusaha memberikan konsep dan masukkan ideologi serta terdapat mitos kepada khalayak, yang akhirnya memperlihatkan sebuah kesadaran palsu.