Strategi program gong show di trans tv (periode november 2008)

Main Author: AN, Yunita Putri
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2009
Online Access: http://repository.mercubuana.ac.id/35901/1/Full%20Text.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/35901/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKSI Strategi program adalah hal yang sangat penting bagi sebuah stasiun penyiaran agar dapat menarik sebanyak mungkin audiens, tak terkecuali stasiun televisi. Sebab jumlah audiens tersebut menentukan nilai rating dan sharing yang merupakan indicator utama dalam menarik minat para pemasang ikan. Gong Show merupakan program akuisisi dari program yang memiliki judul yang sama yaitu “Gong Show”. Yang telah di hak patenkan oleh Sony Picture America. Namun Gong Show di Indonesia dapat diterima oleh masyarakat Indonesia sampai saat ini. Hal ini di buktikan melalui prestasi Gong Show yang mampu menjadi pemenang kategori program game show terbaik dalam ajang Panasonic Awards 2009. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi program yang dimiliki Gong Show. Metode yang dipakai adalah studi kasus dengan kerangka teori sebagai berikut: Komunikasi massa, Media Televisi, Strategi Program, POAC (Planning, Organizing Actuating, Controlling). Hasil penelitian ternyata didapat bahwa program Gong Show melakukan perubahan dengan wajah barunya pada bulan periode November 2008 sebagai suatu strategi program agar Gong Show mampu bertahan sebagai program Prime Time dan mendapatkan rating dan share yang tinggi. Hal tersebut tidaklah sia-sia karena Gong Show mampu menunjukan prestasinya dengan memenangkan salah satu kategori dalam ajang Panasonic Awards. Dengan menjalankan strategi ini Gong Show telah berhasil memenuhi sebagian dari tujuan perusahaan.