Analisis pengukuran kinerja PT Telkom Tbk berdasarkan konsep balanced scorecard

Main Author: Indrawardhana, M Reza
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2008
Online Access: http://repository.mercubuana.ac.id/29184/1/Full%20Text.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/29184/
Daftar Isi:
  • Abstrak Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui pengukuran kinerja PT. TELKOM berdasarkan sistem Balanced Scorecard, (2) Untuk mengetahui pengukuran kinerja PT. TELKOM berdasarkan sistem Balanced Scorecard, apakah PT. TELKOM sudah memiliki standar sistem penilaian kinerja yang sesuai dengan sistem Balanced Scorecard. Analisis yang digunakan menggunakan keempat perspektif Balanced Scorecard, yaitu Perspektif Keuangan, Perspektif Pelanggan, Perspektif Proses Bisnis Internal dan Perspektif Belajar dan Bertumbuh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PT. TELKOM (1) menunjukkan hasil yang signifikan. Mulai dari perspektif keuangan PT. TELKOM mengalami peningkatan pendapatan, aset, ekuitas, serta kewajiban. Sedangkan dari perspektif pelanggan, PT. TELKOM mendapat respon yang cukup positif dari pelanggan. Pelayanan yang diberikan terhadap pelanggan terbukti cukup memuaskan pelanggan. Dari perspektif belajar dan bertumbuh PT. TELKOM menunjukkan bahwa adanya keseriusan pihak perusahaan untuk meningkatkan Sumber Daya Manusianya melalui program pelatihan, training, dan pendidikan. Keywords : Sistem Balanced Scorecard, Analisis Kinerja Perusahaan