Peran tim kreatif dalam proses produksi acara talk show MTV Zipper di global TV (Periode desember 2007 - Februair 2008)

Main Author: Wibowo, Arief Yuniaji
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2008
Online Access: http://repository.mercubuana.ac.id/28319/1/Full%20Text.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/28319/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKSI Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan memahami serta menganalisa bagian yang terkait dengan peran Tim kreatif pada proses produksi acara talk show Mtv Zipper di Global tv. Sehubungan dengan tugas para Tim kreatif pada saat pra produksi, produksi dan pasca produksi.1 Pada dasarnya semua stasiun televisi membutuhkan adanya Tim kreatif di dalam semua proses produksi program acaranya. Untuk mengembangkan dan memberikan sajian yang menarik agar dapat dinikmati oleh audience di rumah dan mendapatkan rating yang tinggi. Yang dimana dalam penulisan ini dikhususkan dalam suatu jenis acara talk show. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif yang bersifat studi kasus. Kajian dilakukan secara kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara mendalam (depth interview) pada semua nara sumber (key informan) yang berhubungan dengan objek yang penulisan dan berkompeten dibidangnya masing-masing. Hasil penelitian yang dilakukan penulis menemukan bahwa peran atau tugas Tim kreatif pada saat produksi acara Entertaiment Talk Show Mtv Zipper (pra produksi, produksi, pasca produksi) diantaranya: (1) Pra Produksi: membuat konsep program dan mengembangkannya (2) Produksi: mengarahkan semua elemen-elemen pengisi acara (3) Pasca Produksi: dilakukan apabila terdapat VT liputan didalam satu episode.